Foto : Erwin

Jakarta, Media Indonesia Raya – Menyusul bergabungnya Partai Amanat Nasional (PAN) dalam koalisi Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Prabowo-Sandi, sebaiknya wakil PAN yang berada di kabinet yaitu Asman Abnur sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Soetrisno Bachir sebagai Ketua Komisi Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) berikut penyataan dari SEKJEND RELAWAN JOKOWI MANIA, LAODE KAMALUDDIN (Jumat, 10/8):
1. Dilandaskan atas etika politik dan pemerintahan, ada baiknya kader PAN yang masih berada di pemerintahan mengundurkan diri dengan gantle. Ini akan menjadi preseden baik dan tabiat politik yang baik.

2. Pilihan kedua jika tidak mau mengundurkan diri, sebaiknya Presiden Joko Widodo melakukan resufhle terbatas untuk menghindari konflik kepentingan di Kementerian atau Badan yang sedang dipimpin kader PAN.

3. Jika tidak mengundurkan diri ataupun di resufhle, sekalipun itu hak prerogatif presiden, maka implikasinya akan sangat serius mengingat Kementerian PANRB menjalankan tugas untuk menata birokrasi dan memiliki “power” yang cukup besar terhadap Aparatur Sipil Negara. Apalagi di masa-masa tahun politik, akan sangat riskan mempergunakan “power” itu untuk mempengaruhi ASN.

Sementara, Ketua KEIN juga memiliki peran yang tak boleh dianggap remeh. KEIN tentu memiliki akses terhadap BUMN dan swasta dalam cakupan kerjanya, sehingga dimungkinkan dapat mempergunakan kewenangananya untuk meraih dukungan ekonomi bagi partai asalnya, yaitu PAN.(Erwin)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!