Spread the love

Foto : Erwin

Jakarta, Media Indonesia Raya – Kapten Infanteri Andi Gumilang merupakan satu diantara 18 atlet asal Provinsi Sulawesi Selatan yang tergabung dalam kontingen Indonesia di ajang Asian Games 2018.

Perwira yang berdinas di Yonif 721/Mks sebagai Pasi-4/Log telah banyak mengukir prestasi yang cukup membanggakan serta mengangkat nama TNI Angkatan Darat khususnya Kodam XIV/Hasanuddin dalam berbagai event Cabor Triatlon dan renang.

Pria yang dilahirkan pada tanggal 12 Agustus 1987 di Kota Makkasar Sulawesi Selatan ini merupakan anak ke- 3 dari 3 bersaudara dari pasangan Andi Fachri (Alm) dan Andi Syamsul Djamila.

Masa kecil Andi Gumilang lebih banyak ia habiskan di kota Makassar mulai dari SD sampai SMP, SMA Negeri Ragunan Khusus Olahragawan di Jakarta dan lulus tahun 2005. Untuk jenjang S1 Andi Gumilang menempuh pendidikan di UNM Makassar lulus tahun 2009 ini.

Asian Games 2018 ini merupakan perdana bagi Andi Gumilang di turnamen multi cabor terbesar di kawasan Asia ini. Meski menjadi ajang pertamanya, ia mengaku tak gentar untuk berlaga bersama atlet-atlet dari negara Asia lainnya.

“Persiapan telah dilakukan melalui latihan-latihan rutin, apalagi kita bertanding di negara sendiri,”tutur lulusan Perwira Prajurit Karir tahun 2010 ini.

Terpilihnya Kapten Inf Andi Gumilang sebagai salah satu atlet yang tergabung dalam Tim Asean Games Indonesia, bukan tanpa alasan. Prestasinya yang gemilang di Cabor Triatlon dan Renang tak perlu diragukan lagi.

Adapun prestasi yang pernah diraihnya antara lain, juara 1 renang gaya dada 200 M pada Porad VII tahun 2011, juara 1 Triathlon Asia Cup Army and Police di Palembang tahun 2013, juara 1 Triathlon Marinir Cup Surabaya tahun 2017, juara 1 Sungailiat Internstional Trialton di Bangka Belitung 2018 dan juara 2 World Series Duathlon Powerman di Jakarta 2018.

Berkat prestasinya pula, Perwira yang pernah menjabat sebagai Paur Medlat jasdam VII/Wirabuana ini dipercaya untuk menjadi bagian dari Pasukan Perdamaian PBB (Peace Keeper) Kontingen Garuda XXXV – A/Unamid yang ditugaskan di daerah misi di Darfur Sudan pada 2015-2016 bersama Yonif 721/Makkasau sebagai Main Body.

Untuk kehidupan keluarga, Andi Gumilang sangat beruntung memiliki pendamping yang setia asal Kota Makassar yang bernama Dewi Yufiani Sitaba, SE. MM. Wanita kelahiran Ujung Pandang yang sudah di karuniai 2 orang anak ini selalu setia mendukung suami baik dalam dinas di militer maupun sebagai olahragawan.

Saat Ini Andi gumilang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi pertandingan Cabor Triathlon salah satu Cabor yg dipertandingkan di Event Asian Games 2018 yang akan digelar di Jakabaring Sport Center Palembang pada tanggal 2 September 2018 pukul 07.30 WIB. Cabor ini merupakan pertandingan pamungkas di event Asian Games 2018.

Kita berdoa, semoga Andi Gumilang dapat menorehkan prestasi terbaik pada event 4 tahunan ini sekaligus dapat mengibarkan sang saka merah putih dan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya di negeri kita tercinta ini.(Erwin)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *