Foto : Erwin
Jakarta, Media Indonesia Raya – Belakangan ini sejumlah daerah mengalami konflik antara masyarakat pendukung dan penolak gerakan #2019GantiPresiden.
Aparat keamanan pun sampai harus membubarkan atau membatalkan kegiatan ini untuk menekan potensi konflik yang berkepanjangan di dalam masyarakat.
Gerakan ini seperti koin dengan dua sisi berbeda.
Ada pihak yang menganggap gerakan ini sebagai ekspresi politik yang wajar. Di sisi lain, ada pihak yang melihat gerakan ini cenderung mengkhawatirkan.
Di kalangan parpol, Gerindra melihat keberadaan #2019GantiPresiden merupakan perbedaan pendapat yang patut dihargai.
Politisi Gerindra Ahmad Riza Patria mengungkapkan gerakan ini sederajat dengan gerakan mendukung Presiden Joko Widodo dua periode jadi tidak perlu dikhawatirkan apalagi ditakuti.
“Tak ada yang salah dengan keberadaan #2019GantiPresiden, gerakan ini sama saja porsinya dengan gerakan lain seperti Dukung Jokowi 2 Periode. Ini adalah gerakan murni dari masyarakat yang muncul akibat kekecewaan dari masyarakat terhadap pemerintah. Kekecewaan masyarakat ini muncul dari begitu banyaknya masalah yang menimpa masyarakat seperti melonjaknya harga bahan pokok, sulitnya lapangan dan lain-lain. Akibatnya terakumulasi dalam bentuk gerakan ganti presiden sebagai bentuk ekspresi untuk melakukan perubahan,” kata Riza Patria pada acara diskusi bertajuk Pro Kontra “2019GantiPresiden yang diadakan oleh Social Media For Civic Education (SMCE) di Restoran Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (4/9).
Andi Arianto Sinulingga, Politisi Golkar menyebut bahwa demokrasi itu harusnya mengatur bukan membenturkan.
“Kita saat ini menganut paham demokrasi, dimana demokrasi kita harusnya mengatur bukan membenturkan satu sama lain. Perbedaan masih menjadi masalah contohnya taggar 2019GantiPresiden malah dianggap rendah peradabannya, padahal mereka yang ikut menghujat juga rendah peradabannya. Supaya tidak terjadi konflik dan benturan antar golongan masyarakat yang berbeda pandangan sebaiknya Pemerintah harus berlalu adil. Adil kepada semua pihak,” tutur Andi.
Dia berharap perbedaan tidak harus membuat masyarakat takut untuk bersuara dan menyampaikan pendapatnya di publik.
“Masyarakat harus tetap bersuara dan mengeluarkan pendapatnya didepan umum, karena sudah dijamin oleh konstitusi negara kita. Yang penting kebebasan mengeluarkan pendapat itu harus didasari dasar yang kuat tidak menjadi ajang untuk mencari kesalahan dan kekurangan seseorang. Sampaikan saran dan kritik sesuai konstitisi yang berlaku,” ujar Andi Sinulingga.
Peneliti IPI, Jerry Messie melihat pro kontra taggar #2019GantiPresiden itu bergantung dari persepsi masyarakat itu sendiri.
“Masyarakat yang menilai apakah taggar #2019GantiPresiden itu kontra atau tidak. Yang pasti saya melihat ada
pihak-pihak yang sengaja mengkompori-kompori menggunakan taggar #2019GantiPresiden agar terjadi kericuhan dan keributan atau chaos di masyarakat. Jadi sudah seharusnya semua lapisan masyarakat termasuk pihak yang berbeda pandangan mengedepankan kepentingan bangsa dan negara, bukan sebaliknya,” himbau Jerry.(Erwin)

By admin

31 thoughts on “SMCE Gelar Diskusi Pro Kontra #2019 Ganti Presiden”
  1. 1. Вибір натяжних стель – як правильно обрати?
    2. Топ-5 популярних кольорів натяжних стель
    3. Як зберегти чистоту натяжних стель?
    4. Відгуки про натяжні стелі: плюси та мінуси
    5. Як підібрати дизайн натяжних стель до інтер’єру?
    6. Інноваційні технології у виробництві натяжних стель
    7. Натяжні стелі з фотопечаттю – оригінальне рішення для кухні
    8. Секрети вдалого монтажу натяжних стель
    9. Як зекономити на встановленні натяжних стель?
    10. Лампи для натяжних стель: які вибрати?
    11. Відтінки синього для натяжних стель – ексклюзивний вибір
    12. Якість матеріалів для натяжних стель: що обирати?
    13. Крок за кроком: як самостійно встановити натяжні стелі
    14. Натяжні стелі в дитячу кімнату: безпека та креативність
    15. Як підтримувати тепло у приміщенні за допомогою натяжних стель
    16. Вибір натяжних стель у ванну кімнату: практичні поради
    17. Натяжні стелі зі структурним покриттям – тренд сучасного дизайну
    18. Індивідуальність у кожному домашньому інтер’єрі: натяжні стелі з друком
    19. Як обрати освітлення для натяжних стель: поради фахівця
    20. Можливості дизайну натяжних стель: від класики до мінімалізму
    натяжних стель http://www.natjazhnistelitvhyn.kiev.ua .

  2. I strongly recommend steer clear of this platform. My personal experience with it was only disappointment and concerns regarding scamming practices. Be extremely cautious, or alternatively, look for a trustworthy service for your needs.

  3. I highly advise steer clear of this site. My own encounter with it has been only frustration as well as suspicion of fraudulent activities. Proceed with extreme caution, or better yet, find an honest service to fulfill your requirements.

  4. motomagazinvfdvgd.vn.ua/uk/v-garnitury-shlema/

    НА нашем мотомагазине ваша милость выкроите запасные части для байков, скутеров, снегоходов равным образом квадроциклов. ЯЗЫК нас вы хронически выищете масла для мотоциклов, фильтра, цепи.
    motomagazinvfdvgd.vn.ua/uk/v-motodzhinsy/pol-is-zhenskiy/

  5. I highly advise steer clear of this site. The experience I had with it has been purely frustration and concerns regarding scamming practices. Be extremely cautious, or alternatively, seek out a trustworthy platform to meet your needs.

  6. I highly advise stay away from this site. My own encounter with it has been purely frustration along with suspicion of fraudulent activities. Proceed with extreme caution, or even better, seek out an honest platform to meet your needs.

  7. I strongly recommend steer clear of this site. The experience I had with it has been only disappointment and suspicion of fraudulent activities. Exercise extreme caution, or even better, seek out an honest site to meet your needs.

  8. I highly advise to avoid this platform. My own encounter with it was only disappointment and suspicion of scamming practices. Exercise extreme caution, or better yet, find a more reputable service for your needs.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!