Spread the love

Foto : Erwin

Jakarta, Media Indonesia Raya – Dunia e-commerce Tanah Air mulai menunjukan perubahan wajah. Beberapa tahun lalu mungkin wajah-wajah e-commerce berjejalan, baik itu pemain lama, baru,
berskala besar sampai kecil.

Eksistensi mereka sangat terasa sehingga ketatnya kompetisi membuat hanya beberapa e-commerce yang berhasil bertahan brand-nya, termasuk menjadi top of mind di mata masyarakat.

MarkPlus, Inc. selaku perusahaan konsultan marketing terkemuka di Indonesia, melakukan riset
brand e-commerce mana saja yang berhasil menarik perhatian konsumen, serta menjadi pilihan mereka dalam berbelanja online.

“Artinya industri e-commerce saat ini sudah masuk usia matang. Pemain-pemain seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak adalah nama-nama pemain e-commerce yang paling sering
disebut responden. Semisal Shopee, yang menjadi e-commerce paling banyak diakses oleh responden dalam tiga bulan terakhir,” ujar Associate of High Tech, Property and Consumer Industry of MarkPlus, Inc. Irfan Setiawan dalam acara MarkPlus Center for Technology & Creativity: E-
Commerce Zaman NOW! di Philip Kotler Theater, EightyEight@Kasablanka, Jakarta, pada Kamis
(7/11) 2018.

Selain itu, riset ini juga bisa menjadi acuan para pemain yang terlibat dalam industri e-commerce dan menjadi peta kompetisi ter-update. Dalam riset yang dilakukan, salah satu perilaku yang terlihat adalah sebanyak 46,1% responden mengakses platform e-commerce sebanyak empat kali dalam tiga bulan terakhir.

Smartphone juga menjadi gadget paling populer dalam mengakses e-commerce yaitu sebanyak 91,3%. Dari sini terlihat sebanyak 49,8% pengakses e-commerce membukanya lewat aplikasi mobile.

Top of Mind

Salah satu contoh dari hasil riset adalah brand e-commerce mana yang muncul pertama kali atau top of mind di benak masyarakat. Shopee menjadi terdepan dengan 31,0% responden memilih, disusul Lazada (20,3%) dan Tokopedia (17.9%). Artinya ketiga brand ini adalah yang awareness-nya tertinggi
dibanding pemain e-commerce lain.

Dan jika dibagi oleh wilayah, terutama untuk responden di enam kota besar, Shopee juga
mendominasi. Bandung, Surabaya, Semarang, dan Makassar adalah kota di mana Shopee menjadi top of mind. Sementara Tokopedia menjadi top of mind di Jakarta dan Lazada di Medan. Namun, uniknya walaupun responden di Jakarta paling mengingat Tokopedia dalam benak mereka, responden paling sering melakukan pembelian pada Shopee.

Selain itu, para pemain e-commerce besar tersebut bisa mempertahankan brand mereka di Tanah Air karena berbagai strategi yang diterapkan.

“Strategi seperti banyak promo, harga murah, reputasi
baik, sampai gratis ongkir adalah alasan mengapa konsumen memilih berbelanja di platform e-
commerce. Ini juga yang membuat brand-brand ternama bertahan,” sambung Irfan.

Berikut hasil riset yang dilakukan oleh MarkPlus, Inc. untuk mengetahui lanskap industri e-commerce
terkini:

Perilaku Pengguna E-Commerce Di Indonesia

a.Sebanyak 46,1% responden mengakses e-commerce sebanyak 4x dalam 3 bulan terakhir
b.Ketika mengakses e-commerce, responden lebih senang menggunakan smartphone mereka (91.3%)
c.Saat mengakses e-commerce pun saat ini responden lebih senang menggunakan aplikasi mobile pada
smartphone mereka (49.8%)

Customer Journey

a.Berbicara mengenai brand e-commerce, berikut adalah daftar brand e-commerce yang menjadi top of
mind bagi responden :
1. Shopee (31.0%)
2. Lazada (20.3%)
3. Tokopedia (17.9%)

b.Brand E-Commerce manakah yang paling sering diakses oleh para masyarakat selama 3 bulan terakhir
:
1. Shopee (37.0%)
2. Lazada (20.2%)
3. Tokopedia (20.0%)

c.Responden memiliki beberapa pertimbangan ketika memutuskan untuk berbelanja pada sebuah brand
e-commerce, antara lain :
1. Banyak Promo (61.3%)
2. Harga produk lebih murah (58.5%)
3. Reputasi yang baik (53.8%)
d.Melalui pengalaman berbelanja di e-commerce, responden memilih beberapa brand e-commerce
yang ingin mereka rekomendasikan :
1. Shopee (55.2%)
2. Tokopedia (39.9%)
3. Lazada (35.7%)

Customer Journey By Region

a.Jika dibagi berdasarkan wilayah survey, terdapat beberapa brand yang muncul pertama kali di benak
para masyarakat :
1. Jakarta : Tokopedia, Shopee, Lazada
2. Bandung : Shopee, Tokopedia, Lazada
3. Surabaya : Shopee, Tokopedia, Lada
4. Semarang : Shopee, Lazada, Tokopedia
5. Medan : Lazada, Shopee, Tokopedia
6. Makassar : Shopee, Lazada, Bukalapak

b.Brand e-commerce yang paling sering diakses berdasarkan wilayah survey :
1. Jakarta : Tokopedia, Shopee, Bukalapak
2. Bandung : Shopee, Tokopedia, Bukalapak
3. Surabaya : Shopee, Tokopedia, Bukalapak
4. Semarang : Shopee, Tokopedia, Lazada
5. Medan : Lazada, Shopee, Tokopedia
6. Makassar : Shopee, Lazada, Bukalapak
c.Setiap wilayah memiliki perbedaan dalam hal brand e-commerce tempat dimana mereka paling sering
melakukan pembelian :
1. Jakarta : Shopee, Tokopedia, Bukalapak
2. Bandung : Shopee, Tokopedia, Bukalapak
3. Surabaya : Shopee, Tokopedia, Bukalapak
4. Semarang : Shopee, Tokopedia, Bukalapak
5. Medan : Lazada, Shopee, Tokopedia
6. Makassar : Shopee, Lazada, Bukalapak
d.Brand e-commerce yang ingin direkomendasikan berdasarkan wilayah survey :
1. Jakarta : Shopee, Tokopedia, Bukalapak
2. Bandung : Shopee, Tokopedia, Bukalapak
3. Surabaya : Shopee, Tokopedia, Bukalapak
4. Semarang : Shopee, Tokopedia, Lazada
5. Medan : Shopee, Lazada, Tokopedia
6. Makassar : Shopee, Lazada, Bukalapak

Faktor Pertimbangan Berbelanja Di E-Commerce

1. Banyak promo 61.3%
2. Harga produk lebih murah 58.5%
3. Reputasi yang baik 53.8%
4. Gratis ongkir 49.8%
5. Tersedia berbagai metode pembayaran 39.3%
6. Keamanan 37.8%
7. Pengiriman yang cepat 35.6%
8. Aplikasi mobile mudah digunakan 35.4%

E-Commerce Strength

a. Harga yang terjangkau menjadi salah satu pertimbangan responden untuk berbelanja di e-commerce.

Berikut ini merupakan penilaian responden mengenai e-commerce yang menawarkan harga terjangkau
berdasarkan kelompok usia :
<19 tahun : Shopee (42.5%), Lazada (36.3%), Tokopedia (10.0%)
19-24 tahun : Shopee (49.7%), Lazada 19.9%, Tokopedia (14.0%)
25-30 tahun : Shopee (42.1%), Tokopedia (21.8%), Bukalapak (13.5%)

31-35 tahun : Shopee (36.7%), Tokopedia (30.7%), Bukalapak (14.5%)
>35 tahun : Tokopedia (27.3%), Shopee (26.6%), Lazada (19.5%)
b. Responden turut menilai brand-brand e-commerce yang menawarkan metode pembayaran paling
lengkap, dengan hasil sebagai berikut :
<19 tahun : Lazada (38.8%), Shopee (36.3%), Bukalapak (12.5%)
19-24 tahun : Shopee (37.5%), Lazada (25.8%), Tokopedia (18.7%)
25-30 tahun : Shopee (27.5%), Tokopedia (26.6%), Lazada (19.8%)
31-35 tahun : Tokopedia (30.7%), Shopee (24.7%), Bukalapak (17.5%)
>35 tahun : Tokopedia (27.3%), Lazada (21.1%), Bukalapak (20.3%)
c. Aplikasi mobile e-commerce sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, maka dari itu, e-commerce
perlu mengembangkan aplikasi mobile mereka sebaik mungkin. Responden memberikan penilaian
terhadap desain aplikasi mobile e-commerce yang paling menarik dilihat, dengan hasil sebagai berikut :
19 tahun : Shopee (43.8%), Lazada (35.0%), Tokopedia (8.8%)
19-24 tahun : Shopee (36.7%), Lazada (23.3%), Tokopedia (15.1%)
25-30 tahun : Shopee (31.8%), Tokopedia (24.9%), Lazada (14.6%)
31-35 tahun : Shopee (31.9%), Tokopedia (24.7%), Bukalapak (17.5%)
>35 tahun : Shopee (24.2%),Tokopedia (24.2%), Lazada (22.7%)
d. Kemudahan dalam menggunakan aplikasi mobile juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan oleh e-
commerce. Responden melakukan penilaian terhadap aplikasi mobile yang mudah digunakan, dengan
hasil sebagai berikut :
19 tahun : Lazada (38.8%), Shopee (38.8%), Tokopedia (8.8%)
19-24 tahun : Shopee (40.9%), Lazada (23.9%), Tokopedia (16.1%)
25-30 tahun : Shopee (35.0%), Tokopedia (24.6%), Lazada (16.6%)
31-35 tahun : Tokopedia (31.9%), Shopee (28.3%), Bukalapak (16.3%)
>35 tahun : Tokopedia (26.6%), Lazada (23.4%), Shopee (22.7%)
e. Saat ini, banyak e-commerce yang tidak hanya menawarkan fitur-fitur utama dalam aplikasi mobile
mereka, namun juga fitur-fitur pendukung yang interaktif seperti daily points hingga games interaktif.
Responden memberikan penilaian terhadap aplikasi mobile yang memiliki fitur paling interaktif, dengan
hasil sebagai berikut :
19 tahun : Shopee (36.3%), Lazada (31.3%), Bukalapak (18.8%)
19-24 tahun : Shopee (48.0%), Lazada (18.4%), Bukalapak (14.0%)

25-30 tahun : Shopee (43.6%), Bukalapak (21.2%), Tokopedia (17.2%)
31-35 tahun : Shopee (37.3%), Bukalapak (31.3%), Tokopedia (18.7%)
>35 tahun : Shopee (28.9%), Bukalapak (26.6%), Tokopedia (21.9%)
f. Sebagai salah satu media komunikasi, para pemain e-commerce berlomba-lomba untuk membuat
iklan online maupun offline sekreatif mungkin untuk menarik perhatian masyarakat. Responden
melakukan penilain terhadap e-commerce yang memiliki ide iklan online maupun offline paling kreatif,
dengan hasil sebagai berikut :
19 tahun : Shopee (50.0%), Lazada (26.3%), Bukalapak (12.5%)
19-24 tahun : Shopee (47.6%), Lazada (17.4%), Bukalapak (15.9%)
25-30 tahun : Shopee (41.5%), Bukalapak (24.1%), Tokopedia (16.0%)
31-35 tahun : Shopee (38.0%), Bukalapak (25.9%), Tokopedia (21.1%)
>35 tahun : Shopee (29.7%), Bukalapak (24.2%), Tokopedia (22.7%)
g. Banyak promo merupakan faktor utama bagi responden untuk berbelanja disebuah e-commerce.
Responden memberikan penilaian terhadap event promosi e-commerce paling menarik selama tahun
2018, dengan Shopee – Goyang Shopee mendominasi hasil survey.
19 tahun : Shopee-Goyang Shopee (40.0%), Shopee 9.9 Super Shopping Day (12.5%), Lazada festival
belanja (12.5%)
19-24 tahun : Shopee-Goyang Shopee (32.7%), Lazada festival belanja (14.3%), Shopee 9.9 Super
Shopping Day (11.9%)
25-30 tahun : Shopee-Goyang Shopee (26.1%), Shopee 9.9 Super Shopping Day (15.8%), Bukalapak –
Badai Uang (12.3%)
31-35 tahun : Shopee-Goyang Shopee (24.7%), Bukalapak – Badai Uang (17.5%), Shopee 9.9 Super
Shopping Day (16.9%)
>35 tahun : Shopee-Goyang Shopee (21.9%), Bukalapak – Badai Uang (14.8%), Tokopedia – Flash Sale
Special 9 (13.3%)
h. Berbagai cara dilakukan e-commerce untuk mempertahankan customer mereka, salah satunya
melalui program loyalty / reward points. Responden melakukan penilaian e-commerce yang
menawarkan program loyalty / reward points paling menarik dengan hasil sebagai berikut :
19 tahun : Shopee (48.8%), Lazada (31.3%), Tokopedia (8.8%)
19-24 tahun : Shopee (46.8%), Lazada (18.0%), Tokopedia (17.8%)
25-30 tahun : Shopee (39.8%), Tokopedia (26.1%), Bukalapak (13.8%)
31-35 tahun : Shopee (34.9%), Tokopedia (33.7%), Bukalapak (16.3%)
>35 tahun : Tokopedia (33.6%), Shopee (26.6%), Lazada (14.8%).(Erwin)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *