Spread the love

Foto : Erwin

Jakarta, Media Indonesia Raya – Ki Goler sang Pupuhu dari Komunitas Ikat Sunda Tapar Pakuwon (Ki Tapak) yang berdomisili di Kampung Kecapi Desa Suka Harja, kepada awak media, menyatakan dukungan dan kesiapan dirinya bersama seluruh elemen kelompok masyarakat adat Ki Tapak guna mendukung serta berjuang memenangkan Hj. Rizayati, S.H., M.M, sebagai anggota DPR RI Dapil V Jabar.

Kesiapan ini disampaikannya saat menggelar kegiatan silaturahmi antara komunitas Ki Tapak bersama Hj.Rizayati pada Sabtu (24/11) di halaman Padepokan Ki Tapak Desa Kecapi.

Kegiatan silaturahmi ini juga dalam rangka melestarikan berbagai kebudayaan Sunda termasuk Ikat Sunda yang hampir punah.

“Kebetulan saya di sini kegiatan Pupuhu dengan komunitas ikat Sunda jadi melestarikan Ikat Sunda yang hampir punah,” ungkap Ki Goler.

Lebih lanjut, Ki Goler menjelaskan tentang kedalaman filosofi Ikat Sunda serta berharap masyarakat Kabupaten Bogor dapat mendengar dan mendukung aspirasi, perjuangan masyarakat budaya Sunda dalam melestarikan ketinggian budaya Sunda bersama Hj. Rizayati, S.H., M.M.

“Ikat itu mempunyai filosofi tertentu yang bisa mengacu pada diri sendiri dan kebetulan kita sekarang lagi acara di sini menyambut Hj. Rizayati sebagai calon dari NasDem daerah pemilihan Kabupaten Bogor nomor 4, Mudah-mudahan masyarakat Kabupaten Bogor bisa melihat dan mendengar keinginan warga dari kebudayaan, khususnya pelaku sejarah dan budaya, pelaku seni budaya,” lanjut Ki Goler.

Bagi masyarakat Sunda pada umumnya, Ki Goler, berpesan agar senantiasa melestarikan dan merawat kekayaan budaya daerah masing-masing agar tetap terjaga dan menjadi warisan bagi generasi penerus dan hal ini juga merupakan pesan dan harapannya kepada Hj. Rizayati.

“Menjaga melestarikan tidak ada lain yang kami minta, hanya untuk menjaga dan melestarikan dan memelihara budaya sesuai daerahnya masing-masing Hanya itu yang kami minta dan pesan buat ibu Hj.Rizayati,” pesan Ki Pupuhu Ki Tapak.

Ki Goler merasa yakin dan optimis bahwa bila nantinya Hj.Rizayati terpilih sebagai wakil rakyat di Senayan, maka kebudayaan Sunda,Jawa Barat, akan semakin meningkat dan terjaga karena aspirasi masyarakat budaya Sunda dapat tersalurkan melalui Hj.Rizayati selaku wakil masyarakat Sunda, Jawa Barat di DPR RI.

“Kebetulan kita bergabung semua komunitas satu Jawa Barat bukan Bogor aja tapi satu Jawa Barat ikut bergabung dengan kita kalaupun Ibu selesai dan menang itu Insyaallah Jawa Barat budaya bisa naik,” ujarnya.

Sebagai bentuk dukungan nyata komunitas Ki Tapak, sang Pupuhu menyatakan siap turun gunung dan terjun langsung ke tengah tengah masyarakat ditambah lagi hal ini mendapat dukungan penuh dari seluruh perwakilan kebudayaan yang hadir dalam kegiatan sulaturahmi tersebut

“Bentuk dukungan nyata, kita akan membantu kelapangan untuk memenangkan ibu dan Insyaallah, untuk Kabupaten Bogor dari cabang, dari ujung kaki sampai ujung Bogor kebetulan kita punya perwakilan-perwakilan dari kebudayaan sebahagian hadir di tempat ini,” pungkas Ki Goler sang Pupuhu Ki Tapak.

Menyambut baik dukungan Ki Goler dan Komunitas Ki Tapak, Calon Anggota DPR RI, Dapil Jabar V, Hj. Rizayati, S.H., M.M, menyatakan kesiapannya memfasilitasi kebutuhan masyarakat budaya Sunda dan memperjuangkan aspirasi masyarakat Kabupaten Bogor bahkan jika terpilih nanti, dirinya akan semakin maksimal atau All Out memperjuangkan berbagai aspirasi masyarakat Kabupaten Bogor secara keseluruhan.

“Apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dan Komunitas Ki Tapak akan saya fasilitasi, di kita ada program yang bisa dikerjakan sekarang seperti Penerangan Jalan Umum, Perbaikan Rumah,dan lain-lain, saya mohon dukungannya agar jadi wakil masyarakat di Senayan supaya bisa terus maksimal memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi masyarakat budaya dan seluruh masyarakat di Dapil V Jawa Barat,” pungkas Rizayati.(Erwin)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *