Digagas KH Ma’ruf Amin, Program DEWADEWIDEDI Resmi Launching Malam Ini

Spread the love

Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Wakil Presiden RI terpilih Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin meresmikan program Dewa Dewi (DEDI) yang merupakan program anyar dari Yayasan Dewa Dewi di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Dalam sambutannya KH Ma’ruf Amin sangat mengapresiasi peresmian program DEWADEWIDEDI. Dirinya berharap, dengan adanya program ini dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat banyak.

“Saya sangat mengapresiasi sekali atas kepedulian dan respon seluruh pengurus dan anggota Yayasan Dewa Dewi terhadap program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di pedesaan yakni desa wisata agro, desa industri dan desa digital yang merupakan satu kesatuan,” katanya.

Program DEWADEWIDEDI menurut Ma’ruf merupakan perwujudan dari ekonomi arus baru Indonesia.

“Ekonomi arus baru Indonesia adalah ekonomi yang dibangun dari bawah ke atas atau bottom up. Karena dulu konsep ekonomi hanya fokus dari atas ke bawah, sehingga terjadi kesenjangan. Yang ekonominys kuat akan semakin kuat, sebaliknya yang lemah semakin lemah. Diharapkan dengan ekonomi arus baru ini, program ekonomi sampai kepada rakyat. Kegiatan ekonomi tidak lagi berlangsung hanya di Pemerintahan Pusat tapi juga di daerah, tidak hanya terpusat di perkotaan tapi menyentuh wilayah pedesaan. Sehingga melalui program DEWADEWIDEDI ini daerah dan desa mampu memproduksi dan memasarkan produk yang bernilai saing global,” paparnya.

Yayasan Dewa Dewi Indonesia adalah yayasan sosial yang mendukung Pemerintah Republik Indonesia untuk menjadikan desa-desa yang ada di Indonesia ini untuk menjadi desa wisata, desa industri dan desa digital.

“Program DEWADEWIDEDI adalah program yang digagas oleh Pak Ma’ruf Amin. Yayasan sebagai eksekutor program yang ditujukan untuk pengembangan desa wisata, desa industri, dan desa digital,” jelas Ketua Umum Yayasan Dewa Dewi Heidy M Hidayat.

Menurut Hidayat, dalam kegiatannya Yayasan Dewa Dewi ini bergerak secara mandiri melalui empat pogram utama seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan, dan infrastruktur, dengan target menyasar masyarakat desa di seluruh wilayah Indonesia.

“Saat ini kita sudah menjalankan program DEWADEWIDEDI ke beberapa desa di wilayah Indonesia. Untuk pilot projectnya dalam waktu dekat ini akan kita garap di 3 desa yakni 2 desa di Banten (Citorek dan Ketumbiri) dan 1 desa di Bogor (Cisarua). Desa Citorek akan kita bangun sebagai desa wisata yang jika selesai akan dikenal sebagai negeri di atas awan. Kemudian di desa Ketumbiri akan kita jadikan desa industri yaitu gula semut skala besar. Industri gula semut di desa Ketumbiri ini tadinya membuat dan mengolah gula semut dengan menggunakan cara tradisional. Nantinya, dengan bantuan bapak asuh dari perusahaan seperti Garuda dan Mayora kita harapkan masyarakat disana beralih menggunakan mesin-mesin produksi skala industri. Sedangkan untuk desa Cisarua Bogor itu sendiri akan kita bangun industri sari wangi dan juga sebagai desa wisata,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut turut hadir, Gubernur Banten Wahidin Halim, Ketua Panitia Uli, Pimpinan Pondok Pesantren Darul Mutaqqin Serang Banten, pengurus dan anggota Yayasan Dewa Dewi, serta undangan.(Win) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *