Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berkomitmen mendukung percepatan pengarusutamaan gender diseluruh pelaksanaan kerjanya. Karena itu
Pokja Gender yang dikoordinasikan oleh Biro Perencanaan KLHK melaksanakan Forum Diskusi: “Menuju RPJMN KLHK tahun 2020 – 2024 Responsif Gender dan Inklusif”. Kegiatan ini bertujuan
untuk mendapatkan masukan terkait arah dan strategi KLHK kedepan dalam pengarusutamaan gender agar bisa diimplementasikan dalam kerja -kerja kelembagaan dan program.

“Dalam RPJMN 2020-2024, kebijakan pengarusutamaan menjadi dasar untuk mewujudkan pembangunan yang berkualitas, inklusif dan berkelanjutan. Ada 6 (enam) kebijakan pengarusutamaan dalam Rencana Strategis KLHK kedepan yaitu Pembangunan Berkelanjutan, Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Perubahan Iklim, Modal Sosial Budaya, Transformasi Digital, Kerentanan Bencana dan Kesetaraan Gender” ujar Bambang Hendroyono, Sekretaris Jenderal KLHK yang sekaligus sebagai Plt Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL).

Enam kebijakan ini akan didiskusikan oleh seluruh komponen Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang terdiri dari Sekretariat General; Inspektorat Jenderal Direktorat Planologi dan Tata Lingkungan; Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem; Direktorat Jenderal
Pengendalian DAS dan Hutan Lindung; Direktorat Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari; Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan; Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya; Direktorat Jenderal Pengendalian
Perubahan Iklim; Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemiteraan Lingkungan; Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia; Badan Penelitian Pengembangan dan
Inovasi; mitra KLHK serta para pihak terkait lainnya. Juga akan ada acara spesial tentang memahami Rimbawan Mileneal dan Literasi Digital.

Selain itu juga akan diluncurkan dua buku, yakni “Inspirasi Dari Alam” yang menceritakan dua windu perjalanan PUG KLHK dan “Kepemimpinan Perempuan dalam SVLK” yang mengisahkan 12
pengalaman kepemimpinan perempuan dalam mereformasi tata kelola hutan Indonesia melalui pembangunan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK).

Cerita kedua buku ini merupakan pembelajaran dan pintu masuk bagi penguatan kerja-kerja pengarusutamaan gender KLHK kedepan yang bisa menjadi inspirasi bagi Pokja Gender KLHK yang
saat ini telah memiliki status Mentor dalam pengarusutamaan gender. Selain itu, pengalaman para perempuan dalam pengembangan SVLK juga menunjukkan upaya kuat KLHK membangun mekanisme terintegrasi dari inisiatif bersama para pemangku kepentingan dengan pendekatan multipihak untuk memastikan legalitas kayu dan memajukan kelestarian hutan. SVLK yang diberlakukan secara wajib sejak 1 Januari 2013 hingga 15 November 2019, telah berhasil menerbitkan lebih dari 1.15 juta Dokumen V-Legal sebagai bukti legalitas bagi produk kayu yang diekspor dari Indonesia ke pasar dunia senilai lebih dari US$ 64.9 milyar. Jumlah ini termasuk kurang lebih 117 ribu Lisensi FLEGT yang diterbitkan untuk ekspor ke pasar Uni Eropa sejak 15 November 2016 dengan nilai lebih dari US$ 3.5 milyar.

Hal terpenting adalah tantangan ke depan dalam pelaksanaan RPJMN KLHK 2020-2024 yang responsif gender dan inklusif adalah penguatan kerja-kerja bersama untuk mendorong semua pihak
dapat menerapkan pengarusutamaan gender dan inklusi sosial demi memastikan manfaat pembangunan dapat dinikmati oleh perempuan dan laki-laki secara setara.(Win) 

By admin

38 thoughts on “Dukung Kesetaraan Gender Dalam Pelestarian Hutan Dan Lingkungan, KLHK Gelar Diskusi Dan Luncurkan Buku”
  1. I strongly recommend stay away from this platform. My own encounter with it was purely disappointment along with doubts about scamming practices. Be extremely cautious, or better yet, seek out a more reputable site for your needs.

  2. I urge you to avoid this site. My personal experience with it was nothing but disappointment along with suspicion of scamming practices. Proceed with extreme caution, or better yet, find an honest platform to fulfill your requirements.

  3. I highly advise stay away from this site. The experience I had with it has been nothing but disappointment and concerns regarding scamming practices. Be extremely cautious, or even better, find an honest service to fulfill your requirements.

  4. I urge you to avoid this platform. My own encounter with it was nothing but dismay and doubts about fraudulent activities. Exercise extreme caution, or better yet, seek out a more reputable service to meet your needs.

  5. I urge you to avoid this site. My own encounter with it has been purely disappointment and doubts about deceptive behavior. Be extremely cautious, or better yet, seek out an honest service for your needs.

  6. I strongly recommend to avoid this platform. My personal experience with it has been only disappointment as well as concerns regarding scamming practices. Proceed with extreme caution, or better yet, find a trustworthy service for your needs.

  7. I highly advise to avoid this platform. The experience I had with it was only frustration along with concerns regarding fraudulent activities. Proceed with extreme caution, or even better, find an honest platform for your needs.

  8. I strongly recommend to avoid this site. My personal experience with it has been nothing but frustration and concerns regarding deceptive behavior. Proceed with extreme caution, or even better, seek out an honest platform to fulfill your requirements.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!