Foto:Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Bagi insan K3 nasional, 2020 merupakan tahun bersejarah. Sebab pada tahun itu, persisnya 12 Januari 2020, K3 Indonesia akan genap berusia 50 tahun atau setengah abad.

Peringatan 50 tahun Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) digelar spesial melalui kegiatan Car Free Day Bersama Menaker Ida Fauziah bertempat di Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, Minggu (12/1/2020).

Dalam sambutannya Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziah mengatakan, hari K3 nasional tahun 2020 istimewa karena merupakan hari K3 yang ke-50 sebagai peringatan emas K3.

“Di usia setengah abad ini, K3 menghadapi berbagai tantangan salah satunya adalah revolusi industri,” katanya.

Ida melanjutkan dalam menghadapi era 4.0 yang ditandai dengan revolusi industri, otomatisasi, artifisial intelegen, super komputer, fleksibilitas pola kerja yang membawa ekonomi kita berbasis digital.

“Oleh karena itu, Kemenaker mengambil tema bulan K3 tahun ini adalah optimalisasi masyarakat berbudaya K3 pada era revolusi industri 4.0 berbasis IT,” lanjut Ida.

“Pemerintah mempunyai 7 agenda prioritas diantaranya meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing serta memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar,” paparnya.

Agenda peningkatan SDM berkualitas perlu pemahaman K3 yang komprehensif bagi SDM di Perusahaan untuk memastikan dalam melakukan pekerjaan yang beresiko dapat dilakukan secara aman agar tercipta tempat kerja yang aman, nyaman, efisien dan produktif,“ pungkasnya.

Sementara itu Kepala Asosiasi AP3I (Asosiasi Pembinaan Keselamatan dan kesehatan Kerja) Ragil Mulyono mengatakan semoga K3 menjadi SDM unggul, dan maju.

“AP3I mempunyai 500 PJTKI yang menjadi anggota kami serta ada 8 DPW seluruh Indonesia,dan kami harapkan menjadi satu,” katanya.

Ragil melanjutkan bahwa AP3I semakin membudaya secara mandiri tidak boleh dipaksa.

“Sebaiknya sejak awal masuk BPJS Tenaga Kerja bagi para tenaga kerja,” tandasnya.

Acara Car Free Day Bersama Menaker Ida dihadiri ratusan peserta dari Kementerian Tenaga Kerja, BPJS, dan undangan lainnya, serta diisi dengan berbagai kegiatan seperti Fun Walk, Dance K3, Door Prize, Chek Kesehatan, Chek Kadar Radiasi Handphone, Demo Rope Access.(Win) 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!