Foto: Istimewa

Jakarta,  Media Indonesia Raya -Gerakan Plastik Akal Sehat untuk Indonesia (PASTI) menggelar Green Initiative Award 2020, sebagai bentuk apresiasi kepada pelaku Green Initative yang telah sadar sampah dan bijak plastik. Kegiatan ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah tentang pengurangan sampah plastik dan mewujudkan Indonesia Sehat dan Hijau.

Ketua Gerakan Plastik Akal Sehat untuk Indonesia (PASTI), Naning S. Adiwoso mengatakan, pemberian penghargaan ini untuk menunjukkan bahwa ternyata ada industri atau perusahaan yang sudah mau berubah untuk menerapkan prinsip ramah lingkungan. Selama ini perusahaan atau industri sudah ada yang mulai beralih pada produk yang ramah lingkungan, namun mereka enggan menunjukkan bahwa perusahaan mereka telah berubah. Ajang ini kata Naning, merupakan alat ukur untuk mengetahui berapa banyak industri atau perusahaan yang merespon ajakan untuk beralih ke produk plastik ramah lingkungan, serta budaya dan manajemen usaha yang telah menjalankan pola perilaku yang green.

“Kita ingin tahu dan mencatat berapa banyak perusahaan yang sudah merespon, dan seberapa banyak yang menghasilkan plastik ramah lingkungan. Semoga ini juga diikuti oleh industri atau perusahaan lain,” kata Naning S. Adiwoso di Jakarta Design Center Jalan Gatot Subroto Kov. 53 Slipi, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Green Initiative Award 2020 ini diikuti oleh 13 industri dan perusahaan dari seluruh Indonesia, yang terbukti telah melakukan upaya perubahan ke arah yang lebih baik bagi lingkungan. Para pemenangnya akan menjadi model bahwa ada perusahaan yang telah mampu dan mau untuk berubah, serta peduli terhadap kelestarian lingkungan. Keberadaan perusahaan yang telah mau bertransformasi dalam mengubah produk dan pengelolaan limbah plastiknya menjadi lebih ramah lingkungan, diharapkan juga mempengaruhi masyarakat untuk mau berubah.

“Kalau yang ini mampu berubah, kenapa yang lain tidak mampu. Harapannya kita bisa berubah, mengedukasi publik, bukan untuk saling menyerang tapi mengubah perilaku dalam memilih plastik secara bijak,” ungkap Naning.

Selain perubahan pada perusahaan atau industri serta masyarakat, perubahan juga diharapkan dapat dilakukan pemerintah melalui pembuatan peraturan perundangan maupun peraturan daerah yang seragam. Pemahaman yang sama tentang ramah lingkungan akan menjadi dasar penentuan produk plastik apa yang dapat dibeli masyarakat, terutama yang mampu terurai secara cepat di alam.

“Tidak mungkin menyuruh masyarakat membeli produk yang mahal tapi masyarakat di suatu daerah ternyata tidak mampu membeli, tidak bisa hanya melihat kota besar saja,” imbuh Naning.

Dari penilaian dewan juri yang terdiri dari Noer Adi Wardojo (KLHK), Tulus Abadi (YLKI), serta Puput TD Putra (KPPL-I), terdapat sejumlah perusahaan yang mendapat Juara 1, serta dinilai telah mampu mewujudkan Indonesia sehat dan hijau. Para pemenang itu antara lain; PT. Rejeki Kenceng Timur (kopi Kenceng) sebagai Pemenang 1 kategori Retail, RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita sebagai Pemeneng 1 kategori Klinik/ Rumah Sakit, M Bloc Space sebagai pemenang 1 kategori Kantor, PT. Harapan Infiniti Mulia sebaga Pemenang 1 kategori Industri Kecil, dan PT. Suparma Tbk sebagai Pemenang 1 kategori Industri Besar.

Pemberian Green Inititve Award ini didasari pada beberapa kriteria, seperti telah menggunakan produk yang ramah lingkungan, sudah mau memproduksi dari plastik konvensional beralih ke plastik ramah lingkungan. Inisiatif untuk berubah itu menurut Ketua Umum Koalisi Pemantau Plastik Ramah Lingkungan Indonesia (KPPL-I) Nasional, Puput TD Putra, menjadi prinsip dasar penilaian ajang Green Initiative Award 2020.

“Prinsipnya kita menilai perusahaan itu sudah berperilaku green, dia mau memilah sampahnya di kantor, manajemen pengolahan sampahnya baik dan sudah melakukan 4R, dan juga sudah memakai produk yang ramah lingkungan misalnya kantong plastik atau kemasan,” tutur Puput TD Putra, salah satu juri pada Green Initiative Award 2020.

Beberapa perusahaan kata Puput TD Putra, telah menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik, mulai produksi plastiknya yang sudah ramah lingkungan, hingga manajemen perusahaan dan pengolahan limbahnya yang tidak lagi berbahaya bagi lingkungan hidup.

“Memakai bahan baku dari bahan daur ulang ini sudah persepektif lingkungan, pengolahan limbahnya juga sudah tersistem dengan baik, mulai penampungan limbah cair melalui IPAL komunal yang diolah sampai suhu yang ditentukan, tingkat keasaman yang standard, serta baku mutu yang baik,” tandasnya.(Win) 

By admin

One thought on “Gerakan PASTI Gelar Green Initiative Award Perusahaan Pendukung Pengurangan Sampah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!