HIMSHI Siap Gelar Webinar, Usung Tema Konsep Dan Aktualisasi Negara Hukum Indonesia

Spread the love

Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Organisasi Himpunan Muda Sarjana Hukum Indonesia (HIMSHI) yang didirikan di Yogyakarta pada 20 Juli 2010 ini akan menggelar Webinar Hukum Nasional, dengan mengangkat tema: “Konsep Dan Aktualisasi Negara Hukum Indonesia”.

Tema tersebut berangkat dari pemikiran Indonesia sebagai negara hukum. Negara hukum lahir dari pergulatan pemikiran yang panjang, bahkan berabad-abad oleh para pendiri bangsa demikian dikatakan Ketua Panitia Webinar Hukum Nasional HIMSHI Akhmad Bumi, SH kepada Mediaindonesiaraya.id, Selasa (30/3/2021).

“Webinar hukum nasional akan dilakukan pada hari Sabtu, tanggal 10 April 2021 pukul 09.00 WIB sampai selesai. Diharapkan Webinar hukum nasional ini bermanfaat dalam pembangunan hukum nasional,” katanya.

Menurut Akhmad negara hukum Indonesia tidak terlepas dari politik hukum. Politik hukum menjadi penentu arah negara hukum Indonesia. Hal ini terkait kebijakan-kebijakan hukum Negara.

“Selama ini kita hanya memahami hukum pada ketentuan norma yang diproduk secara politik. Tetapi mengapa norma itu dibentuk, apa yang melatarbelakangi, apakah norma itu dibutuhkan oleh masyarakat atau tidak, dibutuhkan penyegaran pemikiran yang lebih luas,” ujarnya.

Rencananya kegiatan webinar hukum nasional ini dilakukan via zoom, dibuka oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Keynote speaker direncanakan dn masih dalam konfirmasi yakni Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Dr. Andi Samsan Nganro, S.H, M.H. Pembicara; Prof. Dr. Muh. Mahfud MD., SH., S.U., M.I.P., Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, S.H.,M.H., Prof Yusril Ihza Mahendra, S.H., M.H., Prof. Dr. H. La Ode Husen, S.H., M.H., Dr. Fahri Bachmid, S.H., M.H., Dr. Jeffery A Ch. Likadja, S.H., M.H., Dr. Fahri Bachmid, S.H., M.H. Sedangkan Ketua YLBHI Asfinawati masih dalam konfirmasi.

Seminar hukum nasional dipandu oleh Husni Kusuma Dinata, SH, MH dan Andi Irfan, SH, MH. Dengan melibatkan peserta dari kalangan sarjana hukum Indonesia dari berbagai profesi, mahasiswa hukum Indonesia dan kalangan umum.

“Hasil webinar hukum nasional dirumuskan dan disampaikan kepada pengambil kebijakan dan pihak-pihak yang berkepentingan, juga diterbitkan dalam bentuk buku yang berisi pemikiran-pemikiran yang disampaikan dalam seminar ini,” tambah Akhmad.

Webinar hukum nasional ini lanjut Hendrik sejalan dengan visi HIMSHI yakni sebagai wadah berhimpun para Sarjana Hukum Indonesia, dengan Misi mengembangkan sumber daya manusia (SDM) melalui potensi keilmuan dan intelektual yang dimiliki oleh para Sarjana Hukum Indonesia.

“Yang pasti HIMSHI akan turut serta secara aktif dalam pembangunan hukum nasional dan mempererat persatuan dan persaudaraan antar Sarjana Hukum Indonesia. HIMSHI mengambil bagian dalam pembangunan bangsa dan Negara dalam dijalur pemikiran hukum,” pungkasnya.(Win) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *