Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya
Pada tahun 2020 kenaikan suhu permukaan bumi mencapai 1,20 Celsius, dan diperkirakan sebelum 2025 berpotensi mencapai 1,50 Celsius yang sebenarnya merupakan batas yang tidak boleh ditembus.

“Krisis iklim bersamaan dengan pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, selain berdampak pada ekonomi, namun akan berimplikasi pada sistem politik di Indonesia,” kata Mahawan Karuniasa, pendiri dan direktur Environment Institute dalam webinar Green Economy yang diselenggarakan oleh Radesa Institute pada Kamis (29 April 2020).

Dalam pembukaannya, Muhaimin Iskandar selaku Wakil Ketua DPR RI menyatakan bawa sudah saatnya terjadi perubahan dalam mencapai kesejahteraan masyarakat, yaitu dengan menyelaraskan pembangunan ekononmi dengan pelestarian lingkungan.

“Peran legislatif, baik pusat dan daerah berperan penting dalam proses transisi ini,” tambahnya

Mahawan juga menyampaikan pesan bahwa saat ini sudah mulai terlihat bahwa pelestarian lingkungan tidak hanya akan memberikan manfaat ekonomi, namun juga memberikan manfaat politik.

“Transisi politik hijau ini perlu dimanfaatkan oleh para politisi maupun anggota legislatif di pusat dan di daerah, atau sebaliknya akan mengalami kerugian politik jika tidak memanfaatkannya,” jelasnya.(Win) 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!