Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dengan program transformasi menuju Polri Presisi nya, yaitu polri yang Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan terus diimplementasikan secara massif. Hingga sejauh ini Polri Presesi di bawah kepemimpimpinan jenderal Listyo Sigit Prabowo sangat memudahkan pelayanan bagi masyarakat baik itu pelayanan penegakan hukum.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kini sudah menjabat 100 hari sebagai Kapolri dengan ketekunan kapolri menjalankan programnya dilihat sejauh ini semakin tidak diragukan lagi menjadi harapan baru bagi korps Bhayangkara yaitu Polri yang presisi akan terwujud di buktikan dengan sejauh ini program konkrit kapolri seperti terbitnya aplikasi pengaduan masyarakat (Dumas) Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan) sebagai bentuk transparansi dan handling complain bagi masyarakat Kapolri juga meluncurkan aplikasi “Propam Presisi” yang melayani pengaduan masyarakat terkait kinerja anggota polisi. Dengan hadirnya aplikasi ini kinerja polri dapat diawasi tidak hanya secara internal, tetapi juga secara eksternal.

Serta aplikasi SP2HP (Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan) dan e-PPNS (Penyidik Pengawal Negeri Sipil) berbasis online.
serta meluncurkan pelayanan aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar). Peluncuran aplikasi untuk ponsel pintar tersebut bertujuan meningkatkan pelayanan masyarakat, mengenai pembuatan hingga perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM). Peluncuran electronic traffic law enforcement atau ETLE yaitu sistem pelayanan penegakan hukum dengan elektronik atau menggunakan mesin.

Usai di lantik Presiden RI pada Presiden Joko Widodo pada Rabu, 27 Januari 2021, serta mengambil sumpah jabatan Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. Salah satu yang ditekankan Kapolri Sigit adalah pelayanan Polri yang menitikberatkan pada kemudahan, cepat, transparan, terjangkau dan humanis. Kemudian anggota Polri harus responsif, misalnya dalam menangani laporan dari masyarakat.

Dengan pendekatan yang berorientasi pada masalah atau problem oriented policing. Dalam Polri Presisi, ditekankan pentingnya kemampuan pendekatan pemolisian prediktif (predictive policing) agar Polri mampu menakar tingkat gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) melalui analisis berdasarkan pengetahuan, data dan metode yang tepat sehingga dapat dicegah sedini mungkin.

Ketua Umum DOP LPPI Dedi Siregar mengungkapkan, “Program 100 hari pak Kapolri patutlah diapresiasi karena pak Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah menunjukkan integritasnya dalam bekerja, seperti dapat menuntaskan permasalahan mafia tanah dan tindak kriminal lainnya. Sebagai Pemuda tentu ini adalah contoh yang baik untuk jadi bahan pembelajaran, dimana kegigihan dan semangat membangun bangsa ada pada diri Pak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.”

Disisi lain lanjut Dedi sosok Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit juga sering melakukan kunjungan dalam menjaga stabilitas kamtibmasnya sekaligus menjalankan rangkaian silaturahim dengan para tokoh agama dan organisasi masyarakat (ormas).

“Seperti berkunjung ke kediaman Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Miftachul Akhyar, lalu ke Muhammadiyah, serta Rabithah Alawiyah kapolri kunjungan kehormatan ke kantor Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Dakwah Islam Indonesia ( DPP LDII ) di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan dan ormas lainnya,” ujar Dedi Siregar di Jakarta, Sabtu (8/5/2021).

Maka atas dasar itulah Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Pemuda Pemerhati Indonesia (DPP LPPI) memberikan apresiasi atas kinerja 100 hari Kapolri menuju Polri Presisi.

“Kami mengapresiasi dan mendukung pak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di 100 hari beliau menuju polri yang Presisi sejauh ini kami melihat langkah beliau menjalankan tugas sebagai kapolri sangat progresif dan cepat melakukan tindakan baik penangan pelayan kasus hukum dan juga persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat,” jelas Dedi Siregar.

Pemuda asal Sumatera Utara ini juga menambahkan, “Kami yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Pemuda Pemerhati Indonesia mendukung penuh kebijakan langka konkrit pak kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dalam melakukan peningkatan pelayanan dan penindakan hukum dengan penegakan hukum di indonesia, Dengan kultural karakter pak Kapolri kami menilai pak kapolri dapat membawa harapan baru di tubuh korps Bahayangkara itu yaitu polri yang Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan dalam melakuakan setiap kebijakan di republik ini.(Win) 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!