Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Pelaksanaan Rakornas Koperasi Migran Indonesia 2022 telah digelar di Jakarta, Pada hari Jumat (10/6/2022) kemarin, bertempat di Aula UNIAT, Jl. Melayu Kecil III No.15, Tebet, Jakarta Selatan. Adapun Rakornas tersebut mengambil tema “Digitalisasi dan Launching Aplikasi – Koperasi Migran Indonesia”, yang dihadiri oleh Ketua Umum Yayasan Dewa Dewi Indonesia Heidy M. Hidayat, Rektor UNIAT Superman Herman dan Ketua Dewan Pengawas Koperasi Migran Hardjadinata.

Ketua Umum Yayasan Dewa Dewi Indonesia Heidy M. Hidayat mengatakan bahwa keberadaan koperasi mempunyai arti yang sangat penting, baik bagi perekenomian Indonesia yaitu sebagai sokoguru atau tulang punggung yang menopang aktifitas-aktifitas ekonomi baik makro maupun mikro untuk meningkatkan kesejahteraan anggota, masyarakat dan perekonomian secara nasional.

“Hal penting lainnya bahwa koperasi merupakan bagian dari kebudayaan asli Indonesia dimana falsafah organisasi dilandasi oleh sifat kekeluargaan dan gotong royong untuk membantu sesama anggota demi kesejahteraan bersama,” katanya melalui siaran pers yang diterima Mediaindonesiaraya.id.

Heidy menjelaskan melihat pentingnya keberadaan koperasi, “Kami dari Yayasan Dewa Dewi Indonesia tergerak untuk membangun kerjasama, bersinergi serta membantu membesarkan koperasi agar Koperasi betul-betul dapat menjadi arus baru ekonomi yang mengedepankan ekonomi keumatan karena kekuatan utama dari ekonomi Indonesia berada di tangan rakyat”.

“Dan Alhamdulilah, belum lama ini kami telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Koperasi Migran Indonesia untuk saling bekerjasama dan bersinergi untuk tumbuh bersama. Walaupun secara kelembagaan kami adalah organisasi non profit akan tetapi dengan kemampuan dan jaringan yang dimiliki oleh yayasan baik yang berada di pemerintahan, BUMN, swasta bahkan lembaga keuangan internasional,” katanya.

Lanjut Heidy, “Kami berniat membantu mengembangkan Koperasi dan kami telah menjajagi beberapa perusahan-perusahaan ternama baik di dalam negeri maupun luar negeri seperti perusahaan-perusahaan digital teknologi dan keuangan untuk bersama – sama mengembang aplikasi yang membantu koperasi dan anggota untuk saling terkoneksi didalam ekosistem sehingga memudahkan para anggota koperasi mendapatkan kebutuhannya baik didalam negeri khususnya untuk keluarga migran maupun di luar negeri”.

“Serta lembaga-lembaga keuangan yang akan membantu pembiayaan bagi para calon migran yang akan bekerja di luar negeri dan kami berharap tidak lama lagi aplikasi dan platform keuangan ini akan segera diluncurkan dan membantu koperasi migran indonesia dan koperasi – koperasi lainnya mendapatkan akses keuangan yang memadai untuk membantu anggota-anggotanya,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut tak lupa ucapan selamat disampaikan oleh Ketua Umum Yayasan Dewa Dewi Indonesia, Heidy M. Hidayat Kepada Ketua Umum Koperasi Migran Indonesia, Yusup Firdaus dan seluruh peserta Rakornas. Harapan disampaikan agar Rakornas dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan keputusan-keputusan yang memberikan dampak positif sesuai falsafah koperasi yaitu “dari anggota oleh anggota dan untuk anggota” serta menjadikan Koperasi Migran Indonesia menjadi koperasi yang modern, mandiri dan profesional dan menjadi wadah kekeluargaan bagi anggotanya.

“Yayasan Dewa Dewi Indonesia adalah Yayasan yang di prakarsai oleh Bpk. KH Ma’ruf Amin Wakil Presiden Indonesia yang fokus untuk membantu mengembangkan seluruh potensi yang ada di pedesaan untuk di jadikan sebagai Desa Wisata, Desa Industri dan Desa Digital sehingga masyarakat pedesaan menjadi lebih maju, modern dan mandiri secara ekonomi.” Keterangan tambahan yang disampaikan Heidy M. Hidayat sebelum dilanjutkan dengan kata penutup.(Win/Red)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!