Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Dua bulan pasca kebakaran yang melanda kawasan Kampung Eks Pasar Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur, Pemprov DKI Jakarta bersama Baznas Bazis DKI telah merampungkan konsep revitalisasi kawasan tersebut. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar, Anggota DPRD DKI Jakarta, Suhaimi, dan jajaran Baznas Bazis DKI Jakarta, beserta tokoh masyarakat di Kampung Eks Pasar Gembrong melakukan proses peletakan baru pertama (groundbreaking), Jumat (1/7/2022) pagi.

“Pagi ini kita melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan kampung Gembrong ini, dan rencananya dinamai Kampung Gembira Gembrong,” kata Anies.

Anies mengatakan, revitalisasi ditargetkan rampung pada September 2022, yang mana ada sekitar 136 unit yang akan dibangun.

“Ada 136 unit yang nanti akan dibangun dan menelan biaya Rp 7,8 miliar,” kata Anies kepada para awak media.

Menurut Anies, permukiman tersebut akan direvitalisasi dengan mengusung konsep “water front city”, di mana sungai akan menjadi bagian dari halaman depan permukiman tersebut.

“Permukiman yang tadinya berdiri di samping aliran Kali Cipinang itu ke depan akan menghadap ke Kali Cipinang,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Timur M Anwar mengatakan bahwa nantinya akan dibangun juga taman vertikal di permukiman tersebut.

“Kami akan bangun rumah tinggal sesuai dengan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” kata Anwar.

“(Akan ada) kawasan interaktif warga, seperti taman vertikal dan tanaman akan ditata sepanjang kawasan inspeksi kali,” imbuh dia.

Pemerintah juga akan membangun instalasi pengolahan air limbah (IPAL) di sana.

Kebakaran Pasar Gembrong terjadi pada Minggu (24/4/2022) malam hingga Senin (25/4/2022) dini hari.

Setidaknya ada 400 bangunan yang hangus terbakar dalam kejadian tersebut. Luas area yang terbakar mencapai 1.200 meter persegi.(Win/Red)

By admin

One thought on “Groundbreaking Pemukiman Korban Kebakaran Pasar Gembrong, Gubernur DKI Jakarta: Kita Namakan Kampung Gembrong Gembira”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!