Spread the love

Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Pertandingan yang diadakan stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, Jawa Timur pada tanggal 1 Oktober 2022 antara Arema FC melawan Perebaya Surabaya dengan skor akhir 3-2 mengalami insiden kericuhan sampai merenggut nyawa 127 lebih suporter yang meninggal dunia.

Direktur Eksekutif DPP Pemuda Perindo, Iqnal Shalat Sukma W sangat menyayangkan antusias olahraga yang dicintai masyarakat dari semua kalangan memakan korban jiwa.

“Saya disini meminta harus ada yang bertanggung jawab penuh. Saya menghimbau pemerintah khususnya Kemenpora dan Polri buat Satgas Khusus, karena ini merupakan hiburan rakyat yang harus dijaga kenyamannya dalam segi keamanan,” katanya di Jakarta, Minggu (2/10/2022).

Iqnal juga mempertanyakan  tentang SOP dalam pengamanan di dalam stadion harusnya seperti apa.

“Apakah harus dilakukan dengan penembakan gas air mata ketika kericuhan di dalam stadion yang saya lihat pada video yang beredar di sosial media semua penembakan ke arah tribun penonton itu sangat fatal membuat penonton yang berada tribun panik dan sesak nafas, itu akibat ulah oknum pengamanan yang tidak professional,” ujarnya.

Iqnal juga mempertanyakan penggunaan gas air mata pada lingkungan stadion telah dilarang oleh FIFA yakni ‘Stadium Saferty and  Security Regulations’ tertulis pasal 19 b tentang petugas keamanan lapangan (pitchside stewards), yang berbunyi ‘No firearms or crowd control gas shall be carried or used’  artinya senjata api atau gas pengendali massa tidak boleh dibawa atau digunakan.

“Tidak hanya pihak keamanan, pihak penyelenggara juga harus diperiksa apakah penjualan tiket melebihin kapasitas yang membuat terlalu penonton berdesak-desakan dan sesak,” tegasnya.

“Karena terlalu banyak yang dirugikan, secara gentleman jika terbukti bersalah, dan setelah hasil investigasi wajib mengundurkan diri seperti Kapolres, Kapolda ataupun Ketua PSSI, tujuannya untuk menciptakan kenyamannya lebih baik yang akan dipersembahkan untuk para pencinta sepak bola Nasional,” tandas Iqnal.(Red)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!