Spread the love
Foto : Erwin
Jakarta, Media Indonesia Raya – Politeknik LP3I Jakarta menggelar acara PSPL yang dilaksanakan di GOR POPKI
Cibubur, pada tanggal 6 September 2018, yang dihadiri oleh manajemen LP3I dan 1.640 mahasiswa baru dari seluruh cabang Politeknik LP3I Jakarta (15 Kampus yaitu: LP3I Kramat Raya, Jakarta Utara, Cibinong, Blok M, Pondok Cabe, Pondok Gede, Cikarang, Bekasi, Pasar Minggu, Cileungsi, Depok, Cimone, Pulo Gadung, Sudirman Tangerang dan Ciledug).
PSPL (Pengenalan Sistem Pendidikan dan Lingkungan) adalah momentum setiap tahun yang dilakukan oleh manajemen Politeknik LP3I Jakarta, karena sebagai Institusi Pendidikan Tinggi Vokasi Politeknik LP3I Jakarta merasa bertanggung jawab untuk menyampikan kepada semua mahasiswa baru tahun akademik 2018-2019 sebagai Anak Bangsa bahwa “Mahasiswa adalah generasi muda yang beriman dan bertakwa yang harus disertai ilmu dan bimbingan pengajaran yang tepat sehingga kedudukan karakter potensi serta semangat akan terus menguat dan mengakar”, pesan ini yang disampaikan untuk mahasiswa baru yang telah mempercayakan langkah masa depan awalnya untuk berlari bersama Politeknik LP3I Jakarta dalam mencapai cita-cita.
Mashudi M.Kom yang saat ini menjabat sebagai Kepala Kampus LP3I Tangerang, dimana LP3I Tangerang menjadi Project Officer PSPL tahun 2018 mengatakan kegiatan PSPL pada tahun ini mengangkat tema “Be Fancy for the future” yang mengarah kepada 3 kompetensi antara lain skill, knowledge & technology sesuai dengan program studi masing-masing dan etika profesi yang sesuai standart dunia kerja.
Diharapkan dengan diadakannya PSPL ini mahasiswa baru Politeknik LP3I Jakarta dapat mengetahui dan mengenal lebih jauh tentang proses pendidikan vokasi, perkuliahan, penempatan kerja dan familiar dengan sesama mahasiswa dan manajemen Politeknik LP3i Jakarta.Disamping itu juga kegiatan PSPL ini untuk menunjang inovasi dan kreativitas seni mahasiswa
baru Politeknik LP3i Jakarta.
“PSPL adalah kegiatan tahunan untuk mahasiswa baru yaitu mahasiswa yang masuk ke dunia LP3I yang digembleng pertama kali secara mental dan penguatan pengetahuan tentang LP3I, namanya PSPL singkatan dari Pengenalan Sistem Pendidikan dan Lingkungan. Intinya PSPL ini semacam ospek di kampus. Untuk pengenalan lingkungannya bisa menyangkut proses BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa), manajerial, dan pengenalan sesama teman satu angkatan. Kebetulan kami dari LP3I Tangerang yang menjadi Project Officer. Tahun ini penguatannya adalah pada mindset, dimana mahasiswa baru tersebut sudah harus tahu mau jadi apa nantinya mereka. Karena kami paham mahasiswa zaman now (sekarang) ini sudah paham teknologi, jadi tidak perlu diajarkan lagi. Jadi kita buat mereka ini mendengar langsung dari orang-orang sukses, contohnya Kang Riken (Praktisi Hiburan) dan Kang Adi Asril (Ambassador LP3I, Artis/Praktisi Hiburan) sudah kami tampilkan sehingga mereka memahami kalau jurusan yang mereka ambil di LP3I dengan target cepat kerja ini sudah ada contoh orang-orang suksesnya sehingga menambah keyakinan mereka bahwa LP3I pilihan yang tepat bagi mereka. Peserta yang ikut PSPL tahun ini sekitar 1640 orang. Target dari acara ini yang pertama kreatifitas mereka bisa terbentuk. Jadi rangkaian acara hari ini menambah kreatifitas para mahasiswa. Kemudian inovasi yang dibutuhkan, keakraban, pengenalan dengan manajemen. Karena jelas di kampus dengan di direktorat manajemennya agak beda. Tidak sering mereka ketemu. Nah mereka dikenalkan pada momen acara ini. Untuk mahasiswa tahun 2018 yang penting kekuatan akademisi perlu dan penting tapi attitude jauh lebih penting. Maka dibutuhkanlah relationship yang baik, pengenalan pendidikan tidak cuma sekedar pengenalan pendidikan tapi sopan santun, attitude, kreatifitas itu yang paling utama. Secara umum saya berharap mereka lebih bijak dalam menghadapi persaingan dengan komunikasi yang terbangun dari sekarang. Mereka juga harus selektif memahami komunikasi yang dibangun dari segi media sosial, harus pandai, harus cermat, tidak mudah terprovokasi dan yang jelas kekuatan agamis tetap harus dijaga. Tidak mudah terbawa emosi dan sebagainya,” kata Mashudi kepada Media Indonesia Raya.
Sebagai penutup acara PSPL diisi dengan perform dari manajemen 15 kampus salah satu penampilannya adalah perfume untuk mascot kampus, dan sebagai entertainment dilengkapi
dengan beberapa games, dan quiz untuk mahasiswa Baru.(EN)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *