Foto : Erwin

Jakarta, Media Indonesia Raya – Sejak tahun 1989, PBB menetapkan tanggal 11 Juli sebagai hari Kependudukan Sedunia. Tujuannya untuk mengingatkan bangsa-bangsa di dunia mengenai dampak yang akan timbul bila angka pertumbuhan penduduk dibiarkan yang tidak terkendali. Pada tahun 1989 tersebut, jumlah penduduk dunia mencapai 5 milyar. Sedangkan pada peringatan Hari Kependudukan tahun 2011 yang lalu, jumlah penduduk dunia telah menjadi 7 milyar jiwa.

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar peringkat ke-4 di dunia, setelah Cina, India, dan Amerika Serikat. Jumlah penduduk Indonesia sebanyak 237,6 juta jiwa menurut hasil Sensus Penduduk tahun 2010. Dibandingkan dengan hasil sensus tahun 2000, selama dekade terakhir ini penduduk Indonesia bertambah sekitar 32 juta manusia atau rata-rata 3,2 juta per tahun dengan laju pertumbuhan penduduk (LPP) sekitar 1,49 %. Dengan demikian pada tahun 2012 ini penduduk Indonesia diperkirakan telah berjumlah sekitar 245 juta jiwa.

Badan Koordinasi Dan Keluarga Berencana Nasional disingkat BKKBN mengadakan diskusi publik terkait Bonus Demografi Penduduk Indonesia Ancaman Perspektif Pemuda di Gedung Juang 45, Jl. Menteng Raya No. 31, Jakarta Pusat (15/9).
Diskusi publik yang diadakan BKKBN ini dihadiri praktisi dan aktivis masyarakat dari berbagai komunitas.(Erwin)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *