Spread the love

Foto : Erwin

Jakarta, Media Indonesia Raya – Politisi senior Ruhut Sitompul kembali membuktikan bahwa tantangannya kepada Calon
Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno bukan isapan jempol belaka. Setelah sebelumnya mengunjungi Pasar Gede dan Pasar Kadipolo di Solo dan melihat harga kebutuhan pokok masih stabil, ia kembali menantang Sandi beradu data di lapangan. Kali ini, Ruhut datang ke Pasar Ciwidey di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada hari Rabu (28/11) pukul 10.00. Di sana, Ruhut berdialog dengan para pedagang terkait harga kebutuhan pokok dan
kembali membuktikan bahwa isu ngawur soal kenaikan harga-harga di pasar tidak benar.

Selain itu, Ruhut juga bertanya soal Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) yang diketuai oleh Sandiaga Uno. Ternyata, banyak pedagang yang belum mengetahui APPSI, termasuk siapa ketuanya. Hal itu membuktikan bahwa program yang dijalankan APPSI belum sepenuhnya bisa menjangkau para pedagang. Di samping itu juga, tidak ada bukti kinerja nyata yang sejauh ini sudah dilakukan Sandiaga bagi pemberdayan ekonomi kerakyatan dan perbaikan kondisi pasar melalui wadah APPSI.

Selanjutnya, Ruhut menyempatkan diri mengunjungi petani kopi dan sayuran yang berada di Desa Rawabogo. Di sana, fakta yang ditemukan Ruhut berhasil membantah Sandiaga yang menyatakan bahwa hasil kerja keras petani hanya dijual murah. Sejauh ini, daya beli tamanan para petani di sana justru cenderung baik. Bahkan, sayuran buncis menjadi salah satu komoditas unggulan yang diekspor hingga Malaysia dan Singapura.

Selain itu, Ruhut juga menemukan kenyataan bahwa Surat Keputusan (SK) Pembebasan Lahan yang diterbitkan oleh Presiden Joko Widodo membuat para petani senang karena kini tidak perlu “kucing-kucingan” lagi dengan pihak Perusahaan Hutan Negara Indonesia (Perhutani) dan sudah mendapat legitimasi yang jelas untuk berkebun di wilayah hutan.

Secara umum, Ruhut menyaksikan bahwa para petani di Ciwidey hidup cukup
sejahtera. mereka bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, membiayai anak sekolah, dan bahkan memiliki rumah yang sangat layak.(Erwin)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *