Spread the love

Foto : Erwin

Jakarta, Media Indonesia Raya – Politisi senior Ruhut Sitompul mengunjungi Desa Nelayan Dadap Lama di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada Jumat 14 Desember 2018. Kehadirannya dalam rangka membuktikan langsung di lapangan bahwa pernyataan Cawapres Nomor Urut 02 Sandiaga Uno beberapa waktu lalu soal nelayan di Indramayu adalah pernyataan yang ngawur. Kunjungan tersebut diunggah Ruhut ke kanal youtube-nya yang diberi judul Ruhut Buka-Bukaan.

Nelayan yang ada di desa Dadap Lama ini adalah nelayan kecil yang sangat setuju dengan diberlakukannya Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) agar prosedur menangkap ikan menjadi lebih terarah. Koperasi Unit Desa (KUD) di Desa Dadap ini juga aktif mendampingi nelayan mencari SIPI.

Di Desa Dadap, Ruhut menemukan kenyataan bahwa tidak ada kesulitan yang dialami nelayan tradisional dalam mengurus SIPI, karena nelayan disini merasa SIPI mudah untuk didapatkan. Hal ini bertolak belakang dengan pernyataan ngawur Cawapres Nomor Urut 02 Sandiaga Uno beberapa waktu lalu yang mengatakan bahwa SIPI sulit untuk didapatkan oleh nelayan.

“Kalau yang disini semua no problem. Untuk nelayan-nelayan dibawah 20 GT semua lancar. Kami melaut tenang, mencari (ikan) dengan bebas, agar PAD (Pendapatan Asli Daerah) meningkat, (kebutuhan) keluarga dapat terpenuhi,” ujar Jaini, Manajer KUD di Kampung Dadap Lama saat menjawab pertanyaan Ruhut soal pengurusan SIPI dan kehidupan nelayan sekarang.

Menanggapi hasil temuannya di lapangan, Ruhut menghimbau kepada Calon Wapres Nomor Urut 02 Sandiaga Uno untuk tidak terus menerus menebar berita bohong. Karena nyatanya, isu-isu yang diangkat Sandiaga sejauh ini selalu tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan seperti yang ditemui langsung oleh Ruhut.

“Sertifikat yang dikeluarkan oleh (Kementerian) Kelautan tadi saya sudah menanyakan ke kepada nelayan, gak ada susahnya. Sesuai dengan aturan-aturan kok. Kami nelayan di Kampung Dadap Lama ini, nelayan kecil. Kaitan dengan persyaratan untuk kami melaut, semua tidak ada kendala. Semua sudah berjalan dengan baik. Kita biasakan lah ya, siapapun, calon itu jangan memberikan berita bohong,” ujar Ruhut.

Aksi blusukan ke lapangan akan terus dilakukan Ruhut untuk melawan pernyataan-pernyataan ngawur Sandiaga Uno selama masa kampanye Pilpres 2019. Sebelumya Ruhut juga sudah mengunjungi Pedagang di Pasar Tradisional, Petani, serta membuktikan sendiri kegagalan program OK OCE milik Sandiaga Uno. Aksi blusukannya tersebut kemudian dapat disaksikan melalui kanal youtube Ruhut Sitompul yang diberi judul Ruhut Buka-Bukaan.(Erwin)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *