Spread the love

Foto : Erwin

Jakarta, Media Indonesia Raya – Apa itu Jokowi Award Bela Negara? Jokowi Award Bela Negara merupakan pemberian penghargaan bagi sejumlah masyarakat yang memiliki kepedulian, komitmen dan integritas kebangsaan dalam mendorong pembangunan diberbagai aspek bagi kemajuan, serta teguh mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa, memiliki rasa cinta pada Negara (nasionalisme dan patriotisme), prestasi, kreatif, inovatif, serta mampu menumbuhkan motivasi maupun inspirasi bagi masyarakat lain dalam pembangunan bangsa dan negara diberbagai bidang.

Kepada Siapa Saja “Jokowi Award” Bela Negara Diberikan?

Jokowi Award Bela Negara diberikan kepada berbagai kalangan, baik kelembagaan maupun individu, tanpa membedakan latar belakang politik, budaya, ras, kelompok, golongan maupun agama.

Kapan “Jokowi Award” Bela Negara Diberikan?

Jokowi Award Bela Negara akan diberikan kepada figur-figur yang dinilai layak memperoleh penghargaan sebagaimana kriteria yang ditetapkan Panitia Penyeienggaran yaitu Rumah Relawan Nusantara The President Center, Jumat, 25 Januari 2019, Pukul 14.00 Wib-selesai di Convention Kalibata Kemensos yang diagendakan dihadiri 1000 orang lebih, baik penerima penghargaan maupun undangan.

Hari Bela Negara 19 Desember 2018

Hari Bela Negara telah ditetapkan pemerintah setiap tanggal 19 Desember setiap tahun sebagaimana Keputusan Presiden Nomor 28 Tahun 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, tanggal 18 Desember 2006. Jokowi Award Bela Negara akan dimulai penilaian yang akan dianugerahkan Jumat, 25 Januari 2019.

Ada 500 Figur Masuk Dalam Radar Jokowi Award Bela Negara 2018

Ada sekitar 500 orang figur yang masuk dalam radar Konsorsium Dewan Juri Jokowi Award Bela Negara dalam rangka memperingati Hari Bela Negara, 19 Desember 2018.

Figur-figur tersebut disampaikan masyarakat dari seluruh Indonesia yang memiliki komitmen bela negara.

“Kami menerima masukan dari berbagai elemen masyarakat maupun lembaga dari seluruh Indonesia untuk dinilai, apakah layak memperoleh “Jokowi Award Bela Negara”. Panitia tidak memandang latar belakang politik, suku, agama, ras, profesi maupun golongan,” tegas Ketua Panitia Jokowi Award Bela Negara, Hj. Hasnah yang didamping Sekretaris, Mirza Mustakim dalam keterangan pers di Rumah Aspirasi Rakyat, Jakarta. Turut hadir Ketua Harian Rumah Relawan Nusantara The President Center, Qohary Kholil dan Sekjen Fahmy Hakiem.

Lebih lanjut menurut Hj. Hasnah penganugerahan “Jokowi Award Bela Negara” dalam rangka menumbuhkan semangat bela negara kepada masyarakat. Menghindari berbagai hal yang melemahkan persatuan, kesatuan dan menghargai perbedaan dalam keberagaman.

Dikatakan lndonesia merupakan negara dengan ideologi Pancasila. Tidak boleh ada kelompok manapun ingin mengubah konsensus kebangsaan yang telah disepakati oleh semua pendiri bangsa sejak kemerdekaan oleh Soekamo-Hatta maupun Sumpah Pemuda; Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa.

“Saat ini semangat bela negara periu ditumbuhkan, dijaga dan dirawat. Jangan sampai anak bangsa dipecah oleh isu sara, agama, ideologi, suku, hoax maupun perbedaan politik. Jangan sampai generasi muda kehilangan “sense of belongin’ (rasa memiliki) pada bangsa,” timpal Mirza Mustakim

Apa itu “Jokowi Award Bela Negara?’. Jokowi Award Bela Negara merupakan pemberian penghargaan kepada anak bangsa yang memiliki semangat bela negara sesuai dengan profesi masing-masing. Bisa institusi maupun individu yang bergerak diberbagai bidang, seperti pengusaha, birokrat, TNI, Polri, PNS, Politikus, Generasi Millenial, Perempuan, Olahragawan, Seniman, Tokoh Agama dll. Mereka yang berbuat bagi kemajuan bangsa, memberi motivasi maupun inspirasi bagi masyarakat dalam pembangunan. Melalui pemberian penghargaan diharapkan akan dapat memberi stimulans dan rasa memiliki bagi kemajuan bangsa sesuai dengan profesi masingmasing.

Kaum Millenial Dan Perempuan Menjadi Perhatian

Sejumlah millenial dan kaum perempuan yang berperestasi dan inspiratif bakal memperoleh “Jokowi Award” Bela Negara. ,Pemberian penghargaan kepada kelompok millenial, karena dinilai saat ini banyak anak-anak muda yang memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi serta memberi kontribusi dalam pembangunan bangsa guna menumbuhkan semangat bela negara. Mereka juga menjadi motivasi dan inspirasi bagi generasi lain. Begitu juga kaum perempuan memiliki banyak kontribusi dalam membangun semangat bela Negara.

Disebutkan dari 500 orang figur yang masuk dalam radar Konsorsium Dewan Juri “Jokowi Award Bela Negara” yang disampaikan masyarakat dari seluruh lndonesia yang memiliki komitmen bela Negara, porsi kaum millenial dan kaum perempuan cukup tinggi.

Panitia Jokowi Award Bela Negara menerima masukan dari berbagai elemen masyarakat maupun lembaga dari seluruh Indonesia untuk dinilai, apakah layak memperoleh “Jokowi Award Bela Negara”. Panitia tidak memandang latar belakang politik, suku, agama, ras, profesi maupun golongan.

Dikatakan “Jokowi Award Bela Negara” diprioritsakan kepada kaum millennial karena saat ini banyak generasi muda dan kaum perempuan yang makin kurang memahani semangat bela negara. Karena itu melalui pemberian Jokowi Award Bela Negara tersebut akan dapat membeli inspirasi dan semangat bagi kaum millenial lain. Begitu pula bagi kaum perempuan.(Erwin)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *