Spread the love

Foto : Erwin

Jakarta, Media Indonesia Raya – Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo- Ma’ruf Amin telah menyiapkan program kerja ekonomi yang akan ditawarkan kepada masyarakat. Program kerja ini termuat dalam Nawacita jilid II.

“Dalam visi-misi untuk sektor ekonomi, Jokowi-Ma’ruf menancapkan tujuan peningkatan kualitas manusia Indonesia, struktur ekonomi yang produktif, mandiri, dan berdaya saing serta pembangunan yang lebih merata dan berkeadilan,” kata Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA), Yustinus Prastowo pada diskusi garasi ‘Menyoal Program Ekonomi Jokowi-Ma’ruf Amin’ yang digelar oleh Duta Jokowi-Ma’ruf Amin di Sekretariat Duta Jokowi-Ma’ruf Amin, Jl. Tebet Timur Dalam IV No. 9, Tebet, Jakarta, Senin (28/1/2019).

Menurut Yustinus, program ekonomi Jokowi-Ma’ruf Amin akan menitikberatkan peningkatan nilai tambah dari infrastruktur, menyokong revolusi industri 4.0, mempertajam reformasi struktural ekonomi dan fiskal, redistribusi aset, mengembangkan produktivitas dan daya saing Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan koperasi.

“Selain itu mereka akan fokus kepada reformasi sistem jaminan perlindungan sosial, pemanfaatan Dana Desa, serta mengembangkan potensi ekonomi daerah. Selain itu mereka untuk periode kedua kepemimpinan akan cenderung fokus kepada pemberdayaan dan peningkatan sumber daya manusia , contohnya pendidikan formal dan pendidikan vokasi yang selama ini kita jelas tertinggal,” tambah Yustinus.

Sedangkan Ketua Komite Pengawas Pelaksanaan Otonomi Daerah sekaligus Direktur Apindo Research Institute, Agung Pambudi mengatakan dalam pembangunan ekonomi pemimpin itu harus membangun sesuai apa yang dibutuhkan.

“Prioritas ekonomi Jokowi-Ma’ruf Amin sudah memenuhi tantangan kedepan yaitu 2019-2024, kemudian berlanjut yang menjadi pondasi yang kuat untuk jangka panjang,” beber Agung.

Menurut Agung visi-misi Jokowi-Ma’ruf Amin itu lebih condong mengkapitalisasi segala potensi yang ada.

“Itu meliputi Pemerintah (Eksekutif), Legislatif, dari Dunia Usaha, Civil Society, dari kalangan Akademisi dan lain-lain,” kata Agung.(Win)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *