Spread the love

Foto : Erwin

Jakarta, Media Indonesia Raya – Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal mengatakan, tidak akan ada aksi long march di May Day di seluruh Indonesia dalam peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh pada tanggal 1 Mei 2019.

Khusus di Jakarta saja, kata Iqbal, KSPI juga tidak akan menurunkan massa buruh ke Istana Negara.

“Setiap tahun kaum buruh di seluruh dunia memperingati May Day dengan melakukan aksi. Namun untuk May Day kali tidak akan ada aksi long march baik ke istana negara maupun di wilayah Indonesia,” ucapnya di Hotel Mega Proklamasi. Jl. Proklamasi No. 42, RT.10/RW.2, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (29/4).

Sementara itu, tema utama peringatan May Day tahun ini adalah kesejahteraan buruh dan demokrasi jujur damai. Tema ini diambil, karena pada dasarnya perjuangan serikat buruh adalah untuk mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sementara itu, isu demokrasi menjadi penting, karena pada tahun ini di Indonesia bertepatan penyelenggaraan pesta demokrasi.

“Selain pemilihan presiden, KSPI juga memberikan rekomendasi dan dukungan terhadap lebih dari 80 kader terbaik buruh dalam pemilihan legislatif dari berbagai partai politik. Oleh karena itu, kaum buruh sangat berkepentingan dengan demokrasi yang jujur dan damai. Ada ribuan anggota buruh menjadi caleg di partai politik seperti Gerindra, PKS dan beberapa bergabung di PDIP. Kami punya kepentingan karena kami melihat pemilu masih dipenuhi aroma uang,” kata Iqbal.

Menurutnya KSPI juga sangat berkepentingan kepada anggota KSPI yang bergabung di Partai Politik sebagai caleg terutama menegakkan demokrasi jujur dan adil.

“Pertama kita mau melawan demokrasi uang baik di pileg maupun pilpres. Makanya kita buat kontrak politik dengan mereka. Selain itu KSPI bergerak secara independen, bebas dari pengaruh politik manapun terutama untuk isu kerakyatan seperti BPJS dan lain-lain,” ungkap Said.

KSPI juga meminta agar kaum buruh untuk ikut serta mengawal real count KPU dalam rangka membangun demokrasi yang jujur dan damai.(Win)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *