Spread the love

Foto : Erwin

Jakarta, Media Indonesia Raya – Aktivitas jurnalisme di era digital semakin sulit dibendung dan kebebasan menyampaikan pendapat terasa tidak ada batasnya. Namun dibutuhkan kesadaran bagi semua pihak untuk dapat menyampaikan berita-berita yang sebenarnya, akurat dan terpercaya dengan mengedepankan jusnalisme damai.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang juga sekaligus meningkatkan kinerja jurnalistik yang lebih produktif dan berkualitas. Kini dinamika tersebut telah mendorong pesatnya industri konten digital di Indonesia.

Dengan terbukanya keran kebebasan informasi yang semakin lebar, nampaknya sebagian pengelola dan wartawan media online seringkali melahirkan konten-konten yang jauh dari nilai kejujuran dan dan kerap tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Atas dasar pemikiran itu, dibentuklah Forum Wartawan Jakarta (FWJ) yang dideklarasikan pada Minggu, 28 Juli 2019, bertempat di Gedung Joeang, Jalan Menteng Raya No 31 Jakarta Pusat.

Habib Abdullah sebagai Dewan Pembina Forum Wartawan Jakarta mengatakan bahwa seorang pendakwah adalah wartawan. Pendakwah mewartakan hal-hal yang baik, merekam Dan membangun narasi yang positif.

“Jadi sebetulnya wartawan ini tugas yang cukup mulia, kalau zaman dahulu guru dikatakan penyair masa sekarang mungkin dengan bahasa sekarang yang dikatakan wartawan. Kalau kita berkelompok bersama-sama membangun satu ini membangun satu langkah memberikan syair yang insya Allah akan mendapatkan kebaikan di dunia juga di akhirat itu gambaran yang bisa saya berikan kepada saudara-saudara, termasuk saya,” kata Habib Abdullah kepada Media Indonesia Raya.

Penasehat Hukum Forum Wartawan Jakarta, Pitra Romadoni Nasution mengatakan bahwa wartawan dalam tugasnya jelas berpihak kepada yang benar.

“Wartawan harus punya idealisme, selain bertugas menyiarkan berita, wartawan juga harus menyiarkan persoalan tentang kerakyatan,” ujar Putra.

Pitra juga meminta Forum Wartawan harus mampu bersinergi dengan institusi-institusi lainnya.

“Kita FWJ tak akan besar jika tidak bersinergi dengan institusi-institusi lain seperti Polri, TNI, Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif. Jaga hubungan baik dengan mereka dalam rangka tugas-tugas jurnalis anda,” papar Pitra.

Acara deklarasi Forum Wartawan Jakarta dihadiri para tokoh pers dan puluhan insan Pers baik Elektronik, Cetak dan Online.(Win)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *