Aplikasi SIM Online Resmi Diluncurkan, DPP LPP Apresiasi Kapolri Listyo Sigit Prabowo

Spread the love

Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya
Aplikasi perpanjangan SIM secara online yang diluncurkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Jakarta, Selasa 13 April 2021 mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan salah satunya dari Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Pemuda Pemerhati Indonesia.

“Kami mengapresiasi langkah terobosan cepat yang di lakukan oleh pak Kapolri Jenderal Listyo Sigit yang berhasil mewujudkan program untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat dengan SIM online SINAR (SIM Nasional Presisi) yang dikembangkan Korlantas Polri yaitu Aplikasi SINAR,” kata Ketua Umum LPPI Dedi Siregar kepada Mediaindonesiaraya.id di Jakarta, Selasa (13/4/2021).

Menurut Dedi Aplikasi SIM online SINAR (Sim Nasional Presisi) akan sangat memudahkan masyarakat untuk membuat atau perpanjangan SIM.

“Caranya dengan mendwonload Aplikasi SINAR di app store atau di play store pada hanphone kita. Kemudian petugas nantinya akan lebih optimal dalam melakukan pelayanan menggunakan elektronik dan terhindar dari penyalagunaan tugas. Oleh karena itu kami menyambut baik langkah pak Kapolri Listyo Sigit dalam yang memudahkan pelayanan terhadap masyarakat,” sambung Dedi Siregar.

Pemuda asal Sumatera Utara menambahkan, “Kami senada dengan pak Kapolri dengan adanya Sim Online SINAR ini nantinya pelanggaran-pelanggaran yang mungkin tejadi pada saat interaksi yang dilakukan oleh oknum-oknum petugas kepolisan dengan sendirinya saat bertugas dapat diminimalisir dari tindak penyelewengan saat bertugas”.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Lisyo Sigit pada peluncuran aplikasi Sim Online SINAR menyebut bahwa saat perpanjangam SIM baik SIM A atau SIM C nantinya cukup lewat perangkat HP masing-masing.

“Masyarakat nantinya cukup men-download aplikasi SINAR yang tersedia di Play Store maupun App Store sebelum melakukan registrasi perpanjangan SIM A dan SIM C. Layanan uji teori juga dilakukan secara online, sementara layanan pemeriksaan psikologi melalui aplikasi e-ppsi, dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi e-rikkes,” ujar Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri Listyo Sigit Prabowo menambahkan, “Terobosan terbaru Polri ini sangat penting untuk meminimalisir transaksi langsung antara kepolisian khususnya Satuan Lalu Lintas (Satlantas) dengan masyarakat, sehingga potensi terjadina pungutan liar (pungli) bisa dicegah. Pemanfaatan teknologi seperti ini membuat Polri memiliki Big Data yang akan berguna untuk melakukan terobosan-terobosan lainnya di masa yang akan mendatang,” tutup Listyo Sigit.(Win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *