Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Untuk membantu akselerasi program vaksinasi nasional, HIPPINDO memperluas akses vaksinasi Covid-19 dengan menyelenggarakan sentra vaksinasi di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah Solo, Jawa Tengah. Di kota berpenduduk terbesar ketiga di Jawa Bagian Selatan, ini HIPPINDO-Kementerian Koperasi UKM-TNI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jateng dan didukung oleh Tokopedia menggelar sentra vaksinasi di De’ Tjolomadoe, Kabupaten Karanganyar. Layanan vaksinasinya sendiri sudah dimulai sejak 17 Juli 2021 lalu.

Sabtu (31/7/2021) lalu sentra vaksinasi dikunjungi sejumlah pejabat pemerintahan, antar lain Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga, Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman, Bupati Karanganyar H. Juliyatmono, dan sejumlah pejabat daerah lainnya.

Dalam sambutannya, Jerry Sambuaga mengapresiasi kerja sama antarpihak dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Ia berharap hal ini akan mempercepat terbentuknya kekebalan komunal sehingga seluruh aktivitas masyarakat kembali pulih, termasuk kegiatan ekonomi. “Harapannya, kalau herd immunity sudah terbentuk, belanja pun menjadi tenang, dunia perdagangan kembali normal, ekonomi pun kembali pulih,” ujarnya.

Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah, menyampaikan, pembukaan sentra vaksinasi di berbagai daerah ini merupakan dukungan kepada pemerintah dalam percepatan vaksinasi untuk mencapai herd immunity yang diharapkan sehingga pemulihan ekonomi segera terwujud. “Ini juga menjadi bentuk kepedulian kami kepada masyarakat agar akses untuk mendapatkan vaksinasi gratis makin mudah,” ucapnya.

Daerah lain sudah siap
Hingga saat ini HIPPINDO sudah membuka sentra vaksinasi di enam kota besar. Setelah Jakarta yang dibuka tanggal 7 Juni di Gedung Smesco, menyusul Solo Raya (17 Juli di De’ Tjolomadoe, Karanganyar), Bandung Raya (18 Juli di Paris van Java Mall), Jogja Raya (25 Juli di Jogja Expo Center), Semarang Raya (28 Juli di Auditorium Imam Barjo, SH, Undip), dan Surabaya Raya (30 Juli di Gedung Kencana, Bubutan). Sementara kota-kota lain akan segera menyusul.

Di Jakarta sendiri, dalam kurun waktu 46 hari sejak dibuka pada 7 Juni hingga 22 Juli 2021 Sentra Vaksinasi HIPPINDO-Kemenkop UKM sudah memberikan vaksin Covid-19 tahap 1 kepada 91.669 akseptor dan vaksin tahap 2 kepada 9.570 akseptor dari seluruh Jabodetabek. Sehingga total vaksin yang sudah diberikan adalah 101.239 dosis.

Para akseptor terdiri dari dari anggota HIPPINDO dan ekosistem di dalamnya (sejumlah asosiasi dan pelaku UKM), masyarakat umum, anak usia 12+, dan penyandang disabilitas. Targetnya, vaksinasi tahap pertama yang akan berakhir 14 Agustus ini akan diberikan kepada 150 ribu akseptor dengan kuota 5.000 akseptor per hari.(Win) 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!