Spread the love

Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya -Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) baru saja menyelenggarakan Kongres V yang berlangsung selama 3 hari yakni pada tanggal 11-13 Januari 2022 di Hotel Grand Cempaka, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Kongres V KSPI yang diikuti 300 orang dari 32 Provinsi dan 100 Kabupaten/Kota yang mewakili 2,2 juta anggota KSPI yang tersebar di 300 Kabupaten/Kota.

Terkait dengan hasil-hasil Kongres V KSPI, President KSPI Said Iqbal menyampaikan keputusan kongres KSPI yang ke 5, Pertama akan ada aksi besar-besaran setiap bulan terhadap penolakan omnibus law UU Cipta Kerja di berbagai kota di seluruh Indonesia.

“Didahului dengan aksi 50 ribu buruh tolak omnibus law UU Cipta Kerja di DPR RI tanggal 14 Januari 2022 jam 10.00 Wib,” kata Said Iqbal di Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Selain itu, Said juga mengemukakan rencana aksi mogok nasional yang digelar KSPI bila omnibus law dipaksakan pembahasannya oleh DPR RI

“Jadi kami minta kepada Pemerintah agar omnibus law dikeluarkan dari Prolegnas,” sebut Said Iqbal.

Said Iqbal menjelaskan strategi KSPI hasil kongres selain melakukan demo besar-besaran untuk menolak omnibus law UU Cipta Kerja adalah menyerahkan konsep kepada Pemerintah dan melakukan lobi agar omnibus law UU Cipta Kerja diubah jadi omnibus law UU Kemudahan Investasi.

Dia juga menegaskan bahwa keputusan kongres KSPI terkait tahun politik 2022 tentang Capres 2024 pilihan buruh dan kelolosan partai buruh.

“Mendukung dan memperjuangkan Partai Buruh melalui kelas pekerja. Jadi KSPI akan berjuang agar Partai Buruh lolos verifikasi KPU dan lolos Parlement Threshold sekitar 4-5%. Termasuk meloloskan 10 kader-kader Partai Buruh menjadi anggota legislatif di beberapa daerah di Indonesia,” tandas Said.

“Selain itu terkait Pilpres 2024 kami juga akan mendukung Capres dan Cawapres yang mendukung dan memperjuangkan para buruh dan negara sejahtera,” imbuh Said Iqbal menambahkan.(Win/Red)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *