Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Ketua Umum Percasi untuk periode 2022-2026 Utut Adianto yang juga Grand Master Internasional yang kini menjabat Wakil Ketua DPR membuka tarung catur simultan.

Dalam sambutannya setelah membuka pertandingan catur simultan yang berlangsung di Hotel Atlet Century Jakarta, Minggu (27/2/2022) pagi, Utut mengatakan pertandingan hari harus menjadi ajang para pengurus untuk memperoleh pengalaman dari olahraga catur.

“Tolong dinikmati pertandingannya, apalagi rekan-rekan berhadapan dengan Grand Master Wanita Indonesia Irene Kharisma Sukandar. Ambil ilmu dan pengalamannya. Selamat bertanding,” ucap Utut.

Utur berjanji akan memberikan hadiah kepada pecatur wanita yang juga memiliki gelar Master Internasional tersebu, asal Irene berhasil mengalahkan semua lawan nya dalam catur simultan tersebut.

“Saya yakin Irene akan memberikan yang terbaik. Jadi Irene enggak mungkin ngalah. Irene kalau bisa kalahkan 20 pecatur. Dari saya ada hadiah 1000 dolar. Walaupun ini pertandingan persahabatan Irene kasih ilmu yang terbaik ya,” ujar Utut.

Menurut Utut, Irene merupakan Grand Master wanita pertama Indonesia yang mencatat Juara Asia di Dubai.

“Dia menjadi wanita Indonesia pertama yang juara di kejuaraan catur dalam rangka memperingati 50 tahun kemerdekaan kota Dubai. Apalagi kemarin Pak Menpora mengatakan prestasi cabang olahraga catur cuma kalah sedikit dari bulutangkis. Insya Allah Pak Rusdi Tahir dapat membantu tim untuk marketing dan pemberitaannya,” tandas Utut.

Dalam pertandingan catur simultan tersebut Grand Master Wanita Indonesia Irene Kharisma Sukandar berhadapan dengan sekitar 20 pecatur yang juga merupakan Pengurus Percasi.

Salah satu peserta catur Simultan yakni Ketua Pengurus Provinsi Percasi Sulawesi Selatan Dr. Hamka, SH, MH berhasil menahan remis Irene mengatakan, pengalaman bermain dengan Irene kali ini sangat mengagumkan. Untuk kemajuan Percasi, Ia berharap bagaimana Percasi memberikan akses pendanaan dan mengakselerasi bagi Percasi daerah.

“Kehadiran pelatih dan pemain berkualitas akan terjamin ketika ada dukungan finansial. Oleh karena itu kami dari Sulsel butuh dukungan dan kerjasama yang jelas baik materil maupun moril,” pungkasnya

Sementara itu, Welly Hasan, perwakilan Percasi Gorontalo mengucapkan terimakasih kepada PB Percasi yang telah memberikan kesempatan kepada perwakilan Gorontalo untuk bermain kami bermain dengan GM Irene.

“Selama pertandingan GM tidak bisa dipungkiri bahwa dia begitu hebat memperhitungkan langkahnya. Banyak startegi catur yang dimainkan oleh GM Irene,” ujar Wakil Ketua I Penprov Percasi Gorontalo tersebut.

Ia berharap dalam Munas kali ini PB Percasi lebih intens turun ke daerah untuk melihat potensi daerah.

“Prestasi kami di Gorontalo pada event banyak melahirkan atlet berprestasi,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua Pengprov Gorontalo, Safrin Saifi mengatakan dalam Munas kali ini diharapkan dapat meningkatkan pembinaan prestasi. Untuk diketahui Gorontalo menjadi tuan rumah pada event mendatang.

“Saya berharap kepemimpinan Utut pada periode ini dapat menguatkan prestasi di daerah. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan dukungan dana dan peluang yang sama untuk mendapatkan pembelajaran yang harus dibangun yaitu sekolah-sekolah catur,” pungkasnya.(Win/Red)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!