Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Masjid At Tabayyun Taman Villa Meruya, Jakarta Barat, Minggu (9/10/2022). Kehadiran Anies di sana mendapat sambutan hangat dari para warga dan pengurus Masjid.

Dalam sambutannya, Anies mengatakan Masjid At Tabayyun ini sudah lama dinanti oleh warga Komplek Taman Vila Meruya.

“Masjid ini panjang sejarahnya saat pembangunannya. Banyak tantangannya. Namun jika Allah SWT sudah meridhoi maka pembangunan Masjid ini akhirnya dapat terlaksana,” ujarnya di Kawasan Meruya, Jakarta Barat.

Lebih lanjut, Anies menyebut ada nuansa emosional saat membangun tempat ibadah seperti Masjid, Gereja dan lainnya.

“Masjid ini harus menjadi tempat berkumpul dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan jamaah. Ini Masjid arsitekturnya sangat bagus sekali, ruangannya luas dan lapang. Mari kita jaga dan rawat Masjid ini,” ajaknya.

“Pada hari Minggu, 9 Oktober 2022 dengan mengucap Bismillah, Masjid At Tabbayun saya resmikan,” imbuh Anies menambahkan.

Ketua Dewan Pengarah Pembangunan Masjid At Tabayyun, H. Ilham Bintang mengemukakan peranan Gubernur Anies Baswedan sangat penting untuk mendukung pembangunan Masjid At Tabbayun.

“Saat awal pembangunan Masjid ada penolakan dari warga, dan Pak Anies yang menyakinkan para ibu-ibu warga supaya bisa lapang dada menerima dibangunnya Masjid At Tabayyun,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ilham Bintang mengatakan bahwa para Pengurus Masjid dan Warga sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Gubernur Anies Baswedan atas bantuan dan dukungannya sehingga pembangunan Masjid At Tabayyun Meruya terlaksana dengan baik.

“Atas solusi dan peranannya sebagai pencetus pembangunan Masjid At Tabayyun ini, maka atas inisiatif Pengurus Masjid salah satu ruangan di Masjid akan kita beri nama Pak Anies Baswedan,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Panitia Pembangunan Masjid At Tabbayun, H. Marah Sakti Siregar mengatakan, warga Muslim di komplek Taman Villa Meruya sudah menanti sekitar 30 tahun dibangunnya Masjid sebagai tempat ibadah.

“Kami bersyukur kepada Allah SWT terutama kepada bapak Gubernur Anies atas izin dan kebaikannya untuk menyediakan lahan Masjid. Alhamdulilah, hari ini bapak Gubernur hadir untuk meresmikan Masjid ini,” tuturnya.

Menurut H. Marah Sakti Siregar bangunan Masjid At Tabayyun dibangun di atas lahan seluas 600 m2 yang merupakan lahan fasos Pemprov DKI seluas 3500 m2.

“Pembangunan masjid swadaya masyarat itu dimulai 10 November lalu. Terdiri dari dua lantai dan nantinya ada fasilitas multimedia untuk mendukung kegiatan Masjid,” katanya.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Riyadi warga Taman Vila Meruya hadir mendukung peresmian Masjid At Tabayyun.

“Saya mengucapkan selamat atas berdirinya Masjid At Tabayyun untuk warga di Taman Vila Meruya,” ujarnya.

Riyadi yang akrab dipanggil Aseng ini, menuturkan warga yang beragama Islam yang tinggal Taman Vila Meruya harus menunggu selama 30 tahun sampai Masjid bisa dibangun.

“Saya pribadi seorang Buddha mengucapkan selamat pemakaian Masjid. Nantinya Masjid ini bisa dimanfaatkan di kemudian hari untuk seluruh umat muslim bukan hanya yang tinggal di komplek Taman Vila Meruya juga warga lainnya,” tandasnya.

Acara peresmian diakhiri dengan Salat Maghrib berjamaah dengan imam Gubernur DKI.(Win/Red)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!