Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Rumitnya regulasi seperti memperoleh izin usaha dirasakan betul oleh Ning Harmanto S.Ag.Kes, pelaku usaha herbal jamu asal Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta.

Ning Harmanto selaku Presiden Director PT. Mahkotadewa Indonesia ini berharap diberi kemudahan memperoleh izin usaha untuk industri jamu dan herbal yang dilakoninya.

“Saya selaku pelaku obat tradisional dan ramuan sangat berharap besar adanya kemudahan izin terhadap jamu dan herbal dalam kemasan terutama izin dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan),” katanya saat dikonfirmasi di Festival, Pameran, Arsip, dan Sarasehan Jamu secara offline dan online di Gedung Arsip Nasional RI, Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Padahal lanjut Ning produk obat tradisional dan jamu buatan Indonesia ini tidak kalah khasiatnya dengan negara lain.

“Kita ini luar biasa, karena penyakit apa yang tidak ada obatnya di Indonesia. Semua ada, mulai dari gatel-gatel, masuk angin, Covod-19 bisa disembuhkan oleh obat tradisional seperti jamu. Jamu gendong banyak yang baik kog. Apalagi penyakit-penyakit generatif misalnya hipertensi, diabetes, kanker dan lain-lain itu banyak yang sembuh,” ujarnya.

Menurut Ketua Gabungan Pengusaha Jamu (GP) DKI Jakarta ini ada beberapa merk herbal dan jamu kemasan yang dibawa dan ditampilkan dalam Festival, Pameran Arsip dan Sarasehan Jamu seperti JAMSI, JAMKO, JAMKI dan lainnya.

“Khasiat obat tradisional buatan kami itu luar biasa. Seperti jamu JAMSI itu untuk penyakit diabetes, JAMKO sebagai ramuan jamu untuk mengatasi kolesterol, dan JAMKI untuk asam urat dan rematik, dan ada juga untuk pelangsing,” tuturnya.

Sedangkan untuk strategi pemasaran atau marketing produk jamu dan herbal itu sendiri, Ning yang juga aktif sebagai pengurus di Asosiasi Pengobat Tradisional Ramuan Indonesia (ASPETRI) lebih mengandalkan Market Place selain melakukan sosialisasi dan pengobatan gratis.

“Untuk pemasarannya kita bekerjasama dengan Bibli.com,. Selain itu dengan ASPETRI kita mengadakan seminar dan lain-lain,” pungkasnya.(Win/Red)

By admin

One thought on “Ning Harmanto: Pelaku Usaha Jamu Butuh Perhatian Pemerintah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!