Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Pada hari ini, Rabu tanggal 14 Desember 2022, Jakarta Animal Aid Network (JAAN), didukung oleh FOUR PAWS INTERNATIONAL, menyelenggarakan Konferensi Kesejahteraan Hewan yang pertama kali di Indonesia. Kegiatan ini diadakan di Hotel Gran Mahakam Jakarta.

Dalam penyelenggaraan konferensi ini, acara yang tidak kalah penting adalah penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Program Studi Kedokteran Hewan Universitas Hasanuddin, bersama JAAN, Vets4Welfare dan FOUR PAWS International. Program Studi Kedokteran Hewan Universitas Hasanuddin menjadi Sekolah Kedokteran Hewan pertama yang akan menyelenggarakan mata kuliah elektif “Shelter Medicine & Animal Welfare International Lecture” pertama di Indonesia. Kepala Program Studi Kedokteran Hewan Universitas Hasanuddin, Ibu Dr. drh. Dwi Kesuma Sari, hadir untuk menandatangani perjanjian Kerjasama di Jakarta.
Konferensi Animal Welfare Indonesia 1st National Conference ini, diadakan secara hybrid, dan dihadiri sebanyak 136 peserta dan 250 orang peserta online. Tujuan acara ini adalah meberikan wadah bagi penngiat isu kesejahteraan hewan, untuk mendapatkan dan menemukan koneksi dan jaringan professional – professional kesejahteraan hewan multi bidang yang professional. Selain itu ditujukan juga untuk peluncuran akses digital platform kesejahteraan hewan http://animalwelfare.id . Kelengkapan acara dapat dilihat dalam http://bit.ly/awiconference2022

Para pembicara yang hadir dalam konferensi ini adalah pembicara–pembicara internasional, yaitu Asisten Professor Dr. Vivian Goerlich dari Kedokteran Hewan Utrecht University, dan juga Dr. Cornelie Westermann, Associate Professor Equine Internal Medicine dari Utrecht University. Selain itu pembicara lainnya adalah Karen O’Malley dari FOUR PAWS International United Kingdom (UK), Matt Backhouse dari FOUR PAWS International. Sedangkan untuk pembicara nasional yang hadir adalah Drh. Wiwiek Bagja, Dr. Drh. Hasudungan A Sidabalok selaku Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Selatan, drh. Wendi Prameswari dari International Animal Rescue, Loes Schure dari vets4Welfare Foundation, Corlevin Kalalo dari Bali Animal Welfare Association Program.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta Ibu Ir.
Suharini Eliawati MSi, dan juga sebagai Keynote Speaker, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian kota
Semarang Bapak Drs. Hernowo, M.Si. Selain itu acara juga dibuka oleh public figure yang juga CoFounder Koalisi Perlindungan Hewan Indonesia (KPHI), Davina Veronica. Total panelis pembicara adalah sebanyak 25 orang, yang sangat luar biasa istimewa dan sangat kompeten di bidangnya. Acara dihadiri oleh Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PB-PDHI), Asosiasi Dokter Hewan Praktisi Hewan Kecil (ADHPHKI), Asosiasi Dokter Hewan Kuda Indonesia (ADHKI), PDHI Jabar 2, PDHI Jakarta dan PDHI Jawa Tengah 1, dan kalangan akademisi dan kedinasan.

Acara ini didukung penuh oleh FOUR PAWS Internasional, dan bekerjasama sebagai kolaborator yaitu Kementerian Pertanian, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta dan Program Studi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Adapun official partners dari kegiatan konferensi ini adalah Natha Satwa Nusantara, Koalisi Perlindungan Hewan Indonesia, Animal Lovers Bersatu Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Jakarta Selatan, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pertanian Kota Semarang, dan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Cothink dan Stray Cat Defender.(Win/Red)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!