Foto: Istimewa

Tangerang Selatan, Media Indonesia Raya – 2 (dua) oknum pengurus Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Provinsi Banten berinisial EL dan MM terancam dipidanakan oleh Ketua PSMTI Kabupaten Tangerang berinisial Ii. Kepada awak media Ii mengaku telah melaporkan EL dan MM ke Polda Metro Jaya pada tanggal 30 September 2022, terkait dugaan kasus pemalsuan atau memberikan keterangan palsu ke dalam akta otentik, dengan bukti laporan polisi nomor LP/B/5011/IX/2022/SPKT Polda Metro Jaya.

“Benar, ditemani 4 (empat) rekan sekaligus saksi berinisial Y, K, P dan D pada tanggal 30 September 2022 lalu, saya telah melaporkan dua oknum pengurus PSMTI Banten berinisial EL dan MM ke Polda Metro Jaya untuk dugaan kasus pemalsuan atau memberikan keterangan palsu ke dalam akta otentik,” ungkap Ii di Polres Tangerang Selatan, Jumat siang (6/1/2023).

Sebut Ii lebih lanjut, dalam keterangannya kepada penyidik Kepolisian kejadian dugaan pemalsuan atau memberikan keterangan palsu kedalam akta otentik terjadi sekitar bulan Juni 2022, dengan lokasi kejadian di sekitar daerah Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

“Karena kasus ini terjadi di wilayah Serpong, Tangerang Selatan maka oleh Polda Metro Jaya melimpahkan kasus ini ke Polres Tangerang Selatan, sesuai dengan lokasi kejadian perkara. Malam ini saya telah bertemu dengan penyidik di Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tangerang Selatan untuk menanyakan laporan saya tersebut kepada penyidik, terutama terkait pemanggilan Terlapor EL dan MM tadi pagi,” katanya.

Menurut Ii, kasus ini terkuak setelah adanya permasalahan penggantian jabatan Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kabupaten Tangerang oleh Terlapor EL yang saat ini menjabat Ketua PSMTI Provinsi Banten.

“Saya awalnya tidak pernah merasa curiga apapun terhadap EL karena selama ini saya bekerja secara baik sebagai seorang Ketua bahkan selama tujuh bulan saya menjabat beberapa program kerja saya pun sudah berjalan seperti bakti sosial, film dokumenter, dan lain-lain,” ujar Ii.

“Saya memang pernah mengirim pesan lewat Whatsapp yang berkata saya ingin mengundurkan diri sebagai Ketua PSMTI Kabupaten Tangerang. Tetapi surat resmi saya mengundurkan diri sebagai Ketua belum pernah saya buat dan kirim kepada EL,” imbuh Ii.

Kata Pelapor Ii, pergantian dirinya sebagai Ketua PSMTI Kabupaten Tangerang dilakukan lewat mekanisme rapat yang diadakan oleh pengurus PSMTI Provinsi Banten tanggal 30 Juli 2022, bertempat di Sekolah Widya Dharma, Tangerang.

“Saya sangat kaget tiba-tiba ada rapat pengurus, yang rapat itu dibuat tanpa mengundang saya dan para pengurus di bawah saya dan dari hasil rapat itu saya mengetahui bahwa posisi saya sebagai Ketua sudah digantikan oleh Wakil Ketua PSMTI Kabupaten Tangerang,” sesal Ii.

Dalam kasus ini, Li menganggap Terlapor EL tidak mempunyai etika sebagai Ketua PSMTI Provinsi Banten karena mengganti jabatannya sebagai Ketua PSMTI Kabupaten Tangerang secara sepihak.

“Jelas perbuatan EL itu telah menyalahi dari AD/RT PSMTI. Selain itu saya juga merasa tidak dihargai, padahal pada saat dilantik pun semua pengurus baik di pusat sampai provinsi semua mengetahui bahkan Ketua Umum PSMTI pun mengetahui dan mengirimkan karangan bunga ucapan selamat kepada saya,” tuturnya.

Akibat kasus yang menimpanya Terlapor Ii mengaku mengalami kerugian baik materiil dan inmateriil.

“Maka atas tindakan keputusan sepihak yang merugikan saya secara materiil dan inmateril, maka saya melaporkan EL dan MM ke Polres Tangerang Selatan atas dugaan pemalsuan dan atau menyuruh menempatkan keterangan palsu kedalam akta otentik (pasal 263 KUHP dan atau pasal 266 KUHP),” tandas Ii

Hingga berita ini ditayangkan, awak media telah mencoba menghubungi Kasie Humas Polresta Tangerang Selatan dan Terlapor EM, namun belum memberikan tanggapan.(Win/Red)

By admin

4 thoughts on “Diduga Terlibat Pemalsuan Akta Otentik, Dua Oknum Pengurus PSMTI Provinsi Banten Terancam Dipidanakan”
  1. Howdy this is somewhat of off topic but I was wanting to know if blogs use
    WYSIWYG editors or if you have to manually vpn special code with HTML.
    I’m starting a blog soon but have no coding skills so I wanted to get advice from someone with experience.

    Any help would be greatly appreciated!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!