Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Partai Buruh akan mengadakan roadshow rapat akbar Persatuan Buruh di 16 Provinsi dari tanggal 11 Februari hingga 20 Februari 2023.

“16 Provinsi tersebut merupakan basis buruh meliputi Jakarta, Sumatera Utara, Jambi, Kepri, Jabar, Malut, Riau, Sumsel, Bengkulu, Jatim, Papua, Jateng, Sultra, Sulsel, Banten, dan Maluku. Untuk pertemuan akan diselenggarakan di ibu kota provinsi, kecuali Kepri akan diselenggarakan di Batam,” ujar Presiden Partai Buruh Said Iqbal di Hotel Puri Jaya, Jl Percetakan Negara V No 5, Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta, Sabtu (11/2/2023).

Sebut Said Iqbal, untuk tahap awal, kegiatan dimulai pada 11 Februari di DKI Jakarta dan Medan Sumatera Utara, disusul 12 Februari di Jambi, Kepri, Jabar, Maluku Utara, hingga seterusnya akan berakhir di Maluku pada 20 Februari 2023.

Kegiatan ini sendiri adalah tindak lanjut dari agenda persatuan buruh yang diselenggarakan di Jakarta pada 26 Januari 2023 lalu.

Di mana saat itu, pertemuan dihadiri pimpinan serikat buruh dari enam konfederasi, 60 federasi tingkat nasional, serta Serikat Petani Indonesia.

“Persatuan buruh tingkat nasional di Jakarta menyerukan tiga hal. Pertama, menyerukan berjuang bersama menolak isi Perppu maupuan RUU tentang omnibus law Cipta Kerja, menyerukan pembentukan ‘persatuan buruh’ di seluruh provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia dalam waktu sesingkat-singkatnya semenjak seruan bersama ini dibuat, dan menyerukan untuk membantu secara sukarela pemenangan Partai Buruh dalam Pemilu 14 Februari 2024,” kata Said Iqbal.

Selain dihadiri Ketua atau Sekretaris Exco Partai Buruh di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, acara persatuan buruh di setiap provinsi juga mengundang ketua atau sekretaris Serikat Pekerja/Serikat Buruh tingkat provinsi serta kabupaten/kota.

Menurut Said Iqbal, dalam rapat akbar Persatuan Buruh tersebut mereka juga mengundang perwakilan tokoh agama dan masyarakat serta bakal calon DPR RI yang akan maju dari Partai Buruh.

“Untuk masing-masing provinsi, rapat akbar persatuan buruh ini dihadiri 100 sampai dengan 300 orang. Dengan demikian, dari total 16 provinsi, maka persatuan buruh akan melibatkan ribuan pimpinan organisasi serikat buruh,” tuturnya.

Senada dengan kegiatan yang pernah diselenggarakan di Jakarta, rapat akbar persatuan buruh juga bermaksud mengkonsolidasikan perjuangan bersama menolak isi Perppu omnibus law Cipta Kerja dan RUU Kesehatan.

“Dengan demikian, nantinya perjuangan Partai Buruh bersama organisasi serikat buruh dan serikat petani dalam menolak isi Perppu Cipta Kerja dan RUU Kesehatan di berbagai daerah di Indonesia akan semakin menguat,” tandas Said Iqbal.(Win/Red)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!