Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akhirnya mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres) dari partainya. Apakah Ini THR lebaran untuk Ganjar atau bagian dari marketing PDI-P di Pilpres 2024?

Analis Politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago menilai pengumuman Ganjar sebagai Capres satu hari menjelang lebaran bakal berdampak positif terhadap citra Ganjar. Ganjar yang sebelumnya memperoleh stigma negatif karena menolak Israel dalam isu Piala Dunia U-20. Bakal mengkonversi sikap itu terhadap pemilih-pemilih relegius.

” PDI-P cukup jago mengelola isu penolakan Israel dan Piala Dunia yang sebelumnya berdampak negatif terhadap Ganjar dan partai. Deklarasi Ganjar capres menjelang hari raya idul fitri bakal membawa pesan positif jika itu menjadi percakapan di masyarakat dan banyak keluarga”, ujar Arifki.

Selain itu, kehadiran Jokowi dalam deklarasi Ganjar sebagai capres bakal memperlemah posisi Jokowi sebagai King Maker Pilpres 2024. Sebagai kader parpol Jokowi bakal ikut dengan keputusan partai.

Jokowi bakal sulit lagi mengendorse figur capres lain diluar PDI-P. Pasca lebaran nanti agenda yang lebih besar bakal diperbincangkan. Prabowo bakal mencari cawapres yang sesuai, dalam konteks yang sama Anies pun harus menentukan segera cawapresnya. Semua pihak selama ini menunggu keputusan PDI-P, kedepan percakapan pilpres bakal lebih kencang karena PDI-P sudah membuka kartunya.

” Pasca lebaran nanti, skema capres dan cawapres bakal lebih terang. Jika ini terjadi, maka bakal melahirkan 3 pasangan calon atau 2 calon. Dilihat komposisi kubu, 3 pasangan calon bakal menarik. Kubu PDI-P, koalisi perubahan, dan KIB +KKIR”, tutup Arifki.(Win/Red)

By admin

One thought on “Analisis PDI-P Umumkan Ganjar Pranowo Capres di H-1 Lebaran”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!