Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Mahasiswa program studi Public Relations Universitas Presiden mengadakan festival kesehatan hari ini. Acara ini merupakan tindak lanjut dari kampanye Communication Stride 2023: Energik, Sehat Pikiran dan Raga, dan Siap Kerja !.

Mengusung tema “Bergerak Sehat Bersama CommStride”, festival kesehatan (Health Fair) 2023 dihadiri perwakilan dari Palang Merah Indonesia (PMI), dan Bhabinkamtibnas Kelurahan Serta Jaya Kecamatan Cikarang Timur, Aiptu Asep Mulyadi serta sekitar 1000 pengunjung, diisi dengan berbagai kegiatan seperti CPR Taining, Cek Tensi, Cek Kolesterol, Skipping Rope Challenge dan Live Music Performance.

“Festival kesehatan merupakan bagian dari tugas akhir semester untuk mata kuliah di ilmu komunikasi public relations digital dan juga mata kuliah juga mata kuliah event manajemen,” kata Mohammad Shihab, S.I.Kom., M.I.Kom selaku Dosen Ilmu Komunikasi dan Public Relations Universitas Presiden di Jababeka Botanical, Kabupaten Bekasi, Minggu (14/5/2023).

Lebih lanjut, Mohammad Shihab juga sebagai Pengarah Panitia Pelaksana Festival Kesehatan mengatakan kampanye kesehatan bertujuan untuk menyadarkan masyarakat terutama masyarakat di Cikarang Kabupaten Bekasi untuk selalu hidup sehat, aktif bergerak karena banyak isu-isu tentang kesehatan seperti malas bergerak bisa menimbulkan banyak penyakit.

“Jadi kita berharap dengan adanya kegiatan ini menyadarkan kembali kepada masyarakat untuk aktif bergerak untuk hidup sehat. Makanya kami menghadirkan berbagai macam aktivitas hari ini termasuk cek kesehatan. Kemudian kita ada juga sosialisasi CPR training, karena kami melihat bahwa banyak sekali masyarakat yang masih belum sadar dengan pentingnya CPR, karena banyak sekali korban kecelakaan di jalan, korban bencana yang kemudian untuk pertolongan pertama tapi tidak tahu sehingga kami menghadirkan PMI untuk mensosialisasikan kepada umum bagaimana teknik CPR supaya bisa membantu mungkin kerabat-kerabat atau masyarakat umum yang mungkin mengalami kecelakaan dan butuh pertolongan pertama,” papar Mohammad Shihab.

Selain kampanye kesehatan, menurut Mohammad Shihab, program studi Ilmu Komunikasi dan Public Relations Universitas Presiden punya beragam topik lain yakni ekonomi yang diisi dengan kegiatan pelatihan kewirausahawan.

“Di hari ini kita topik dan temanya tentang kesehatan. Beberapa hari sebelumnya kita punya topik kesehatan mental dan nanti ditempat terpisah di hari yang sama hari ini juga kita punya kegiatan untuk pelatihan kewirausahaan pelatihan ekonominya,” ucap Mohammad Shihab.

“Jadi berangkat dari isu-isu SDG’s jadi itu di hari ini tuh kesehatan kemudian di tempat yang terpisah itu isunya ekonomi jadi semua campaign kami semuanya selalu berangkat dari isu-isu SDG’s ini merupakan merupakan alat bagi mahasiswa kami untuk praktek kerja yang isu-isunya itu dikaitan dengan isu-isu global. Makanya kami mengangkat itu itu dan tema-tema yang berada di bawah payung SDG’s. Jadi relevansi antara relevansi antara perkuliahan dan juga dan juga industrinya tetap relevan,” imbuh Mohammad Shihab menambahkan.

Sementara Abhirama S.D. Perdana., S.Pd., M.Ed., MComn&MediaSt yang juga Dosen Ilmu Komunikasi dan Public Relations Universitas Presiden mengemukakan kegiatan festival kesehatan adalah sebagai bentuk penerapan kurikulum kampus merdeka yang diterapkan oleh Universitas Presiden.

“Di mana setiap tahun setiap angkatan berpraktek mengaplikasikan kurikulum Merdeka belajar sehingga mereka tidak hanya belajar teori tetapi juga terjun langsung ke masyarakat. Karena Universitas Presiden ada di Jababeka Cikarang maka kami terjun langsung ke masyarakat yang ada di Cikarang Jababeka dan sekitarnya,” ujar Abhirama.(Win/Red)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!