Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) bersama Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo melepas 300 Pekerja Migran Indonesia (PMI) melalui Program Government to Government (G to G) Korea Selatan, Senin (12/6/2023).

“Alhamdulillah, hari ini kita melepas sekitar 300 Pekerja Migran Indonesia ke Korea Selatan. Kita setiap minggu rutin mengirimkan PMI menuju Korea Selatan.
Jadi di bulan Juni 2023, total 6222 PMI sudah kita kirim ke Korea Selatan,” kata Kepala BP2MI Benny Rhamdani.

Lanjut Benny, sejak Januari 2023 Pemerintah Indonesia melalui BP2MI sudah menempatkan 120.284 Pekerja Migran Indonesia ke negara-negara penempatan.

“Berbagai pelayanan yang lebih mudah cepat, dan murah kita kerjakan dan juga tentu berbagai fasilitas yang menunjukkan negara memberikan penghormatan kepada Pekerja Migran Indonesia kita hadirkan,” ujarnya.

Selama 3 tahun, dirinya memimpin di BP2MI Benny menyebut sebanyak Pekerja asal Indonesia yang dideportasi dari Luar Negeri mencapai 94.569, baik mereka yang prosedural ilegal dan harus dipulangkan ke tanah air. Semenjak tahun 2020-18 Mei 2023 yang meninggal dunia, sebanyak 1.935 jiwa, sedangkan sejumlah 3.377 yang sakit.

“Saat tanggal 30 Mei saya diundang oleh Bapak Presiden di Istana Negara saat itu saya masih menyebut angka yang dideportasi karena mereka dulu berangkat tidak resmi itu 94.000. Sekarang jumlahnya sudah bertambah kita lihat jumlah yang dideportasi tadi 100.000 Pekerja,” tuturnya.

Benny menyampaikan bahwa sebagai pahlawan devisa, PMI bukan hanya bekerja, tetapi juga sebagai duta bangsa yang memperkenalkan Indonesia di mata dunia.

“Bukan hanya pahlawan devisa, yang paling khusus adalah PMI ini duta bangsa, kader bangsa, jika ingin melihat Indonesia go global, ini wajah wajahnya,” ungkapnya.

Bukan hanya bekerja, PMI memiliki tanggung jawab dalam membawa nama Indonesia di mata dunia. Kini pun PMI bahkan disebut sebagai duta pariwisata yang akan memperkenalkan beragam destinasi seperti Labuan Bajo, Mandalika, dan Danau Toba.(Win/Red)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!