Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya  – Pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Badung, Provinsi Bali lintas komisi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke DPRD DKI Jakarta.

Salah satu anggota rombongan DPRD Badung, I Nyoman Satria mengatakan, kedatangan mereka untuk mendapat masukan terkait beberapa isu di di bidang informasi, pendidikan, kesehatan, pariwisata dan lain-lain.

“Kami dari komisi 2 dan 3 DPRD Kabupaten Badung berkordinasi dengan DPRD DKI Jakarta disamping silaturahmi dan mengucapkan selamat hari ulang tahun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sebelumnya ada beberapa kali teman-teman DPRD DKI Jakarta berkunjung ke Kabupaten Badung terkait agenda akurasi komunikasi, pariwisata dan lainnya. Kami juga kesini untuk melakukan kunjungan balasan dari teman-teman DPRD DKI Jakarta, karena kemarin ada sekitar 30-40 anggota DPRD DKI Jakarta berkunjung ke Badung,” ujarnya kepada awak media di Kantor DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/6/2023).

“Terkait bidang pendidikan kami tetap mengikuti perintah undang-undang. Sekurang kurang nya 20% untuk Anggaran dibidang pendidikan sesuai UU 20 Tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional dan sekurang kurang nya 10% anggaran di bidang kesehatan, wajib di pasang pada APBD. Kami juga berkomunikasi dengan pimpinan DPRD DKI Jakarta tentang reses, OK OCE, pokok-pokok pikiran dewan, biaya perjalan dinas dan lainnya. Termasuk juga kami menanyakan materi terkait Perpres No. 33 Tahun 2020 tentang Standar Harga Satuan Regional. Apakah masih menggunakan Perpres No. 33 Tahun 2020 atau tidak. Kami juga menanyakan apakah ada sumbang saran anggota DPRD DKI Jakarta terkait Perpres No. 33 ini kepada bapak Presiden. Selain itu kami juga ingin mengetahui kepada teman-teman DPRD DKI Jakarta apakah sudah berjuang atau belum tentang Perpres ini,” imbuh Wakil Ketua Komisi 3 DPRD Kabupaten Badung ini menambahkan.

Selain itu, I Nyoman mengaku bahwa 90% pendapatan daerah Badung bersumber dari pariwisata. Namun dibalik besarnya pendapatan daerah dari sektor pariwisata tersebut, menurut I Nyoman tidak diimbangi kualitas dari wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk ke daerahnya sehingga menimbulkan masalah ketertiban dan ekonomi dimana saat ini ditemukan fakta banyak wisman yang mengambil alih lapangan pekerjaan warga lokal.

“Kedepan turis atau wisman yang datang ke Bali betul-betul turis yang berkualitas. Itu yang kami sampaikan tadi kepada rekan-rekan DPRD DKI Jakarta. Paling tidak mereka para turis itu datang ke Bali atau ke Indonesia dengan bekal yang cukup. Banyak temuan di lapangan yang menunjukkan wisman melakoni pekerjaan rental kendaraan, salon, berdagang, fotografer, hingga jenis pekerjaan yang sebetulnya sangat bisa dikerjakan oleh warga lokal sini,” sesalnya.

Oleh karena itu, sebagai wakil rakyat dari Fraksi PDIP ini mendukung terbitnya kebijakan pemerintah Indonesia untuk menghentikan sementara bebas visa kunjungan (BVK) bagi 159 negara untuk masuk ke Indonesia.

“Banyak timbul masalah terutama membludaknya turis-turis asal Rusia dan Ukraina. Saat ini kedua negara tersebut sedang berperang dan menurut keterangan Kementerian Hukum dan HAM sekitar 15 ribu turis asal Rusia dan Ukraina ini membanjiri Bali. Oleh karena itu kami setuju dengan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat untuk mengatasi masalah ini. Kita berharap perang Rusia dan Ukraina ini bisa selesai,” katanya.

Kedepan nya, dia berharap sektor pariwisata di Bali khususnya Kabupaten Buleleng terus berkembang dan tumbuh diimbangi dengan hadirnya wisatawan mancanegara yang berkualitas.

“Kemudian ada kerjasama penambahan runway di bandara Ngurah Rai. Apalagi setelah tidak ada izin pembangunan bandara internasional baru di Buleleng, Bali Utara, maka kami berharap penambahan runway baru ini nantinya bisa menampung pesawat jenis Airbus A-380 dan pesawat besar sejenis dengan kapasitas 400 penumpang,” pungkas I Nyoman Satria.(Win/Red)

By admin

One thought on “Kunker Ke DPRD DKI Jakarta, Wakil Ketua Komisi 3 DPRD Kabupaten Badung: Terjalin Sinergitas Di Sektor Pendidikan, Kesehatan, Pariwisata dan Pokok-Pokok Pikiran Dewan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!