Hari Konstitusi Ukraina

Pada tanggal 28 Juni 2023, kami menandai peringatan 27 tahun adopsi Konstitusi Ukraina, undang-undang dasar utama negara kami, yang menetapkan dasar tatanan sosial, kerangka kerja negara, prinsip-prinsip penuntun fungsi pemerintah, juga sebagai hak dan kewajiban warga negara. Pada kesempatan penting ini, kami menghormati dokumen fundamental yang membentuk negara kami, melindungi hak dan kebebasan kami, dan meletakkan dasar bagi masa depan sejahtera yang kami impikan untuk Ukraina.

Konstitusi Ukraina melambangkan komitmen tak tergoyahkan rakyat Ukraina untuk membangun negara yang demokratis, mandiri, Eropa, dan berdaulat. Ini merupakan puncak dari perjuangan kita yang panjang dan sulit untuk menentukan nasib sendiri, bersama dengan prinsip dan nilai yang mendefinisikan kita sebagai sebuah bangsa.

Konstitusi kita adalah bukti cita-cita kebebasan, kesetaraan, dan supremasi hukum. Itu mengakui martabat dan nilai yang melekat pada setiap individu dan mengabadikan perlindungan hak asasi manusia sebagai landasan masyarakat kita.

Hari ini, kami menemukan diri kami mengevaluasi makna mendalam dari nilai-nilai yang terkandung dalam Konstitusi, mengingat invasi Rusia skala penuh ke Ukraina dan perbuatan banyak kejahatan oleh teroris Rusia. Konstitusi kami berdiri sebagai dasar persatuan dan konsolidasi bagi rakyat Ukraina.

Dalam menghadapi agresi rezim Moskow, kami menegaskan kembali komitmen kami untuk mempertahankan pilihan abadi kami untuk bebas dan mandiri, yang tetap teguh sepanjang sejarah. Kami menghadapi dan menolak upaya otoritas Moskow untuk merebut sejarah Ukraina dan merebut tanah kami, rakyat kami, anak-anak kami, masa depan kami.

Kami memperjuangkan hak kami.

Kami berjuang untuk kebebasan kami.

Fasisme Rusia telah menunjukkan wajahnya yang kejam, tidak hanya mengejar tujuan menghancurkan bangsa dan kenegaraan Ukraina, tetapi juga hak dan kebebasan rakyat kami.

Di tengah masa-masa yang penuh tantangan ini, semakin penting untuk mengakui dan menghargai makna mendalam dari Konstitusi kita dan prinsip-prinsip yang dijunjungnya. Konstitusi kami adalah bukti ketangguhan dan tekad warga Ukraina, yang terus-menerus memperjuangkan keadilan, kesetaraan, kebebasan. Konstitusi kita menentang tirani, memberikan kerangka kerja yang kuat untuk melindungi hak asasi manusia dan kebebasan semua warga negara.

Konstitusi kita telah berkembang selama lebih dari 300 tahun, tetapi selalu muncul sebagai mercusuar harapan dan stabilitas. Itu telah membimbing kami melalui masa-masa yang penuh gejolak dan membantu kami membangun kembali bangsa kami, bata demi bata dan langkah demi langkah. Ini telah memberikan landasan bagi lembaga-lembaga demokrasi kita, memastikan bahwa suara rakyat didengar dan hak-hak mereka dilindungi. Konstitusi kami adalah sejarah hidup yang kami, warga Ukraina, lindungi.

Kami tidak melupakan Krimea, yang tetap menjadi bagian integral dari Ukraina meskipun ada aneksasi ilegal Rusia pada tahun 2014. Pelanggaran hukum internasional dan pendudukan paksa Semenanjung Krimea adalah pengingat nyata akan tantangan yang kami hadapi dalam mempertahankan kedaulatan teritorial kami.

Invasi Rusia ke Ukraina tidak dimulai pada 24 Februari 2022. Itu dimulai dengan perebutan Krimea. Dengan teror terhadap orang-orang Tatar Krimea — penduduk asli semenanjung. Dengan represi atas dasar agama, yang menjadi penganiayaan agama terbesar di Eropa pada abad XXI terhadap komunitas Muslim.

Dengan aneksasi ilegal Krimea, penduduk Tatar Krimea menghadapi pelanggaran kebebasan berekspresi dan berserikat. Mereka telah mengalami penganiayaan dan diskriminasi yang ditargetkan, termasuk pelecehan, penahanan sewenang-wenang, dan pelanggaran terhadap praktik dan institusi budaya mereka. Sejak 2014, 234 orang telah diadili di Krimea yang diduduki atas dugaan pelanggaran ketertiban umum selama pertemuan massal, dan 205 di antaranya adalah Tatar Krimea. Kejahatan ini tidak dapat diterima dan jelas melanggar prinsip-prinsip Konstitusi Ukraina.

Mengingat penegakan hukum Rusia yang represif, yang melanggar Konvensi Eropa tentang Hak Asasi Manusia dan Konstitusi Ukraina, sangat penting untuk memastikan bahwa Rusia bertanggung jawab atas kejahatannya. Komunitas internasional tidak boleh menutup mata terhadap pelanggaran-pelanggaran ini, tetapi sebaliknya mengambil langkah-langkah tegas untuk memastikan keadilan.

Ukraina terus mengadvokasi pemulihan kedaulatannya atas Krimea dan bekerja menuju resolusi damai. Melalui kepatuhan terhadap prinsip-prinsip Konstitusi dan tekad untuk menegakkan hukum internasional, Ukraina berupaya mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh pendudukan dan membuka jalan bagi masa depan di mana Krimea sekali lagi menjadi bagian integral dari Ukraina.

Untuk memfasilitasi proses ini, Ukraina telah meluncurkan Platform Krimea. Bersama dengan komunitas internasional, kami bertujuan untuk memobilisasi dukungan dan keterlibatan dari negara-negara di seluruh dunia untuk mengatasi masalah pendudukan ilegal Krimea oleh Rusia yang sedang berlangsung. Kami menyambut partisipasi setiap negara dalam meningkatkan kesadaran internasional, memupuk kerja sama, dan memberikan tekanan diplomatik pada mereka yang bertanggung jawab atas pendudukan ilegal.

Saat kita memperingati Hari Konstitusi Ukraina, saya ingin menekankan: Krimea bukan sekadar wilayah yang dapat dengan cepat direbut atau alat geopolitik yang dapat dimanipulasi secara kausal. Di bawah Konstitusi, Krimea adalah bagian tak terpisahkan dari Ukraina. Dan bagi orang Ukraina, Krimea adalah bagian dari bangsa kita. Krimea adalah Ukraina. Dan saya berharap, bersama-sama kita dapat mendorong front persatuan untuk memulihkan kedaulatan Ukraina atas Krimea.

Selamat Hari Konstitusi, Ukraina!

Ukraina Merdeka!

Dr. Vasyl Haminian

(Penulis adalah Duta Besar Ukraina untuk Indonesia)

By admin

One thought on “Hari Konstitusi Ukraina, 28 Juni 2023”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!