Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Dewan Pimpianan Pusat Lembaga Pemuda Pemerhati Indonesia (DPP LPPI) mengapresiasi program Vaksinasi Merdeka Serentak Se-Indonesia yang diinisiasi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan menggandeng Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Organisasi Kemasyarakatan serta OKP Kepemudaan secara serentak di seluruh Indonesia. DPP LPPI melihat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memiliki jiwa sosial yang tinggi dengan menggelar bakti sosial serta memberikan ribuan paket sembako dibagikan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Kami menilai program kegiatan vaksinasi merdeka serentak ini selain dapat membentuk herd immunity di tengah masyarakat juga dapat meringankan ekonomi. Masyarakat sangat terbantu dengan adanya kegiatan vaksinasi merdeka serentak ini,” kata Ketua Umum DPP LPPI di Jakarta, Kamis (23/9/2021).

Dedi menganggap langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit dalam pengendalian Covid-19 dengan menggalakkan vaksinasi merdeka serentak di seluruh Indonesia dan menggandeng sinergi bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Organisasi Kemasyarakatan juga Pemuda (OKP) kiranya mampu mewujudkan harapan Presiden Joko Widodo untuk mencapai target dalam pengendalian pandemi. Dia menyebut lewat percepatan vaksinasi dengan ini nantinya Pemerintah akan berhasil menurunkan level tingkatan penyebaran virus Covid-19 dan ekonomi masyarakat kembali normal.

“Kami menyatakan sikap mendukung Pemerintah terutama Polri & TNI yang sukses mengadakan vaksinasi merdeka serentak di seluruh Indonesia bersinergi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Organisasi Kemasyarakatan juga Pemuda (OKP). Maka atas dasar itulah kami menilai dengan langkah serius Kapolri menggalakkan vaksinasi seperti ini dapat mencapai target 100%,” ujar Dedi Siregar.

“Terakhir, kami sampaikan dengan ini masyarakat tidak akan ragu untuk ikut serta dalam program vaksinasi. Kami juga mengajak semua elemen masyarakat Indonesia yang belum vaksin agar datang ke lokasi vaksinasi terdekat seperti Polda, Polres, Polsek yang menyediakan vaksin. Kami sebagai organisasi kepemudaan di DPP LPPI menyampaikan indonesia tidak akan kalah dengan Covid-19,” imbuh Dedi Siregar.

Seperti diketahui, kegiatan vaksinasi merdeka serentak ini turut dihadiri Presiden Jokowi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto, Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri, Bupati Bogor Ade Yasin, dan Rektor IPB Prof Arif Satria. Puncak acara vaksinasi merdeka serentak ini digelar di Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat dari hari Rabu sampai Kamis tanggal 22-23 September 2021.

Dalam kesempatan itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan sinergi dengan BEM dan OKP tersebut merupakan upaya Polri mempercepat dan mencapai target vaksinasi dua juta dosis dalam sehari.

Giat vaksinasi ini diselenggarakan di 96 titik yang meliputi 51 universitas, 15 sekolah tinggi, institut, akademi, politeknik, di 30 titik lokasi. Vaksinasi merdeka ini menyasar kalangan mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum. Adapun BEM yang terlibat dalam kegiatan ini di antaranya BEM-SI, BEM Nusantara, BEM Bulukumba, BEM Universitas Halmahera, BEM UGM, BEM UIN Yogyakarta, BEM Nusantara, BEM Bandung Raya, BEM Muh Banjarmasin, BEM IPB Bogor, BEM Efarina Pematang Siantar, BEM Universitas Riau, BEM Universitas Warmadewa, dan BEM Universitas Muhammadiyah, AMAN Aliansi Mahasiswa dan Aktivis Nasional dan Permikomnas.

Kemudian sekitar 15 OKP ikut terlibat dalam giat tersebut yakni PB Semmi, Rumah Milenial, OKP Sahat, GAMKI, GMNI, GINKA, Barisan Aktifis Muda, JAMNUSA, PMI, Cipayung, Perempuan Milenial Indonesia, Milenial Mitra Polisi, Kaukus Muda Indonesia, MPARA Blora, dan Pemuda Lintas. Adapun vaksin yang dipersiapkan sebanyak 253.297. Sedangkan bansos yang disalurkan kepada masyarakat sejumlah 103.247 paket sembako.(Win/Red)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!