Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Pertumbuhan industri properti tampak menunjukkan progres yang sangat baik. Fakta ini didukung oleh meroketnya tren pasar rumah seken yang semakin perkasa dengan kenaikan harga dan suplai selama tujuh bulan terakhir.

Flash Report April 2022 yang dikeluarkan oleh Rumah123.com menghadirkan grafik pergerakan harga yang cukup stabil. Rata-rata harga rumah seken pada April 2022 secara stabil berada di kisaran 0,6 persen, dengan perbandingan bulan sebelumnya. Melihat komparasi antartahun, keseluruhan harga rumah lebih tinggi 3,4 persen dari bulan April 2021.
CEO 99 Group Indonesia, Wasudewan, menyatakan jika industri properti tahun ini menunjukkan potensi yang sangat baik. Meski dipenuhi dengan tantangan, pelaku bisnis optimistis puncak siklus tak bisa lagi dibendung.

“Kebijakan strategis yang diterapkan oleh pemerintah hingga 2022 jadi sumbangsih besar, dalam upaya mendongkrak pasar properti untuk kembali meroket. Harapan kami, konsumen dan pebisnis properti dapat memanfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya,” tambah Wasudewan.

Di Jabodetabek, jika dilihat antarbulan, Jakarta, Depok, dan Bekasi mengalami kenaikan harga sebesar 0,6%, 0,1%, dan 0,8% berturutan, sedangkan harga rumah di Tangerang dan Bogor turun sebesar 0,2% dan 0,7% pada bulan yang sama. Dalam statistik Flash Report April 2022 Rumah123, tercatat 12 dari 13 kota mengalami kenaikan harga secara year-on-year. Kenaikan harga tahunan tercepat terjadi di Yogyakarta sebesar 8,6 persen.

Indeks Rumah123.com turut merekam dari April 2021 hingga April 2022, semua kota di Jabodetabek mencatatkan kenaikan harga: Jakarta, Tangerang, Depok, Bogor, dan Bekasi naik sebesar 2,7%, 2,3%, 3,9%, 3,8%, dan 3,8% berturutan. Sementara itu, harga rumah di Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, dan Surakarta naik sebesar 4,1%, 0,5%, 3,1%, 8,6%, dan 2,3% berturutan dari bulan April 2021.

Terkait permintaan konsumen untuk rumah, lokasi paling populer adalah Tangerang dengan persentase 14,9% dari total listing enquiries untuk rumah di Indonesia pada bulan ini. Lokasi terpopuler kedua adalah Jakarta Barat dengan pangsa pasar 11,3%, diikuti oleh Jakarta Selatan sebesar 10,1%.(Win/Red)

By admin

4 thoughts on “Flash Report April 2022 Rumah123.com: Harga Rumah Seken Cenderung Naik”
  1. Good day! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine Optimization?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords
    but I’m not seeing very good gains. If you know of any please share.
    Kudos! I saw similar article here: Auto Approve List

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!