Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Komunitas wartawan yang menyebut dirinya sebagai Forum Jurnalis Merah Putih menggelar diskusi yang bertema “Dinamika Politik Jelang Pelantikan Jokowi 2019” di Bakoel Koffie, Jakarta, Selasa (2/10/2019.

Pembicara yang hadir pada acara diskusi seperti Wahab Talaohu (Aktivis 98), Haidar Alwi (Penggiat Anti Radikalisme dan Rasisme), dan Karyono Wibowo (Pengamat Politik, Direktur IPI).

Haidar mengatakan maraknya aksi demo mahasiswa dibangun untuk mencegah pelantikan Presiden Jokowi.

“Ada faktor kesengajaan lewat aksi demo mahasiswa-pelajar, kerusuhan di Papua yang diinisiasi oleh kelompok radikalisme-intorelan. Saat ini saya lagi cari tahu siapa dalang atau aktor dari masalah ini,” katanya.

Wahab Talaohu mengemukakan bahwa ada kekuatan dari luar yang mengatasnamakan agama tertentu untuk menjadikan Indonesia sebagai laboratorium percobaan untuk kepentingan dan ambisi mereka.

“Mereka ingin menjadikan Indonesia chaos seperti yang terjadi sekarang ini di Timur Tengah,” ujarnya.

Wahab mengkritisi gerakan mahasiswa karena sudah jauh dari esensi gerakan mahasiswa sebagai agen of change (agen perubahan).

“Adik-adik mahasiswa sudah keluar jauh sebagai suatu gerakan moral, berbeda dengan gerakan mahasiswa 98 saat reformasi kemarin. Ada ideologi dan penderitaan rakyat yang diperjuangkan disana,” ungkapnya.

“Gerakan mahasiswa 98 dimulai dari forum-forum dan kelompok diskusi lewat kampus kecil kemudian bertransformasi menjadi gerakan besar. Gerakan mahasiswa 98 itu tidak berada di ruang hampa tapi melihat fenomena politik yang terjadi. Saya curiga dengan gerakan mahasiswa kemarin telah bercampur dengan kelompok preman untuk memaksakan kehendaknya membuat trigger perubahan. Itu berlangsung instan dan bersamaan dimana-mana,” imbuhnya.

Karyono Wibowo mengamati bahwa sejumlah gelombang aksi yang terjadi setelah adanya rancangan undang-undang oleh DPR.

“Semua aksi yang terjadi karena adanya kepentingan yang berbeda dan tidak puas dengan adanya Rancangan Undang-Undang tersebut, yaitu agar keinginan dan tujuan mereka tercapai,” tuturnya.

Gelombang aksi itu bermuara yaitu menggagalkan pelantikan presiden Jokowi.

“Walaupun begitu aksi-aksi tersebut bisa menyebabkan implikasi yakni terganggunya keamanan negara,” pungkasnya.(Win)

By admin

One thought on “Forum Jurnalis Merah Putih Gelar Diskusi Dinamika Politik Jelang Pelantikan Jokowi 2019”
  1. ダッチワイフ 男性 あなたが地元の店やオンラインサイトから現実的なダッチワイフを購入している間、あなたは良いブランドを選ぶ必要があります。 有名なブランドは、自社製品により良い製品と保証を提供します。

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!