Foto : Erwin

Jakarta, Media Indonesia Raya – Lebaran telah berlalu, kini saatnya mempersiapkan berbagi kebaikan selanjutnya, yaitu melalui kurban. Menyongsong semangat masyarakat Indonesia Dompet Dhuafa meluncurkan tema #JanganTakutBerkurban untuk berkurban, sebagai wujud kebersinambungan dari tema #JanganTakutBerbagi. Sehingga melalui semangat JanganTakutBerkurban, selain menebar berkah daging kurban ke seluruh penjuru nusantara, peran dan kepedulian masyarakat (pekurban) juga menjadi andil besar dalam memajukan peternak lokal. Seiring pesatnya daging impor yang telah memenuhi pasar-pasar di Indonesia. Semangat tersebut akan terus digelorakan untuk memberikan edukasi hingga ajakan agar Jangan Takut Berbagi dan Berkurban. menjadi kunci kesuksesan program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa tahun ini.

Pada pelaksanaan kurban 2018, Dompet Dhuafa mendapat amanah kurban 18.558 ekor setara doka (Domba Kambing), dengan pencapaian penerima manfaat lebih dari satu juta jiwa. Selama bergulir, THK telah menyebarkan kurban sebanyak 237.520 ekor setara dengan doka, sementara untuk penerima manfaat sebanyak 4.911.208 Kepala Keluarga dengan sebaran hingga 34 Provinsi di Indonesia, dan lebih dari 15 negara konflik seperti Palestina, Somalia, Filipina, Myanmar, Bangladesh, Bosnia, Pakistan, Libanon, Libya, Timor Leste, dan Iain-Iain.

“Semangat kali ini membawa target capaian Kurban di kisaran angka 30.000 ekor hewan kurban dan pendistribusian dagingnya menjangkau daerah-daerah pelosok, marginal, terluar dan termasuk wilayah terdampak bencana seperti Palu, Lombok, Banten, Samarinda dan Konawe. Melalui pendekatan pemberdayaan peternak lokal yang mandiri dan sudah melewati tahapan seleksi, serta pendampingan oleh tim program Dompet Dhuafa. Tujuannya agar masyarakat yang lebih membutuhkan dapat merasakan lezatnya daging kurban di hari raya Idul Adha dan juga mengangkat keberdayaan peternak lokal,” ujar Yuli Pujihardi, selaku Direktur Mobilisasi ZlS Dompet Dhuafa di acara halal bihalal dompet dhuafa di Resto Bakso Boedjangan, Pejaten, Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2019).

Dompet Dhuafa pada tahun ini memberikan kemudahan bagi pekurban melalui kanalkanal layanan berkurban di antaranya, melalui kanal perbankan, QR Code, payment online, kerja sama dengan e-commerce, Jemput kurban, serta sekitar 75 konter dan gerai THK Dompet Dhuafa di wilayah Jabodetabek, termasuk juga jaringan cabang Dompet Dhuafa di seluruh Indonesia. Pendistribusian yang meluas hingga pelosok Indonesia dan negara-negara yang tengah mengalami konflik kemanusiaan seperti Palestina, Bangladesh, Myanmar, Filipina, Timor Leste, Somalia dan Sudan akan menjadi prioritas lembaga dalam penyaluran tahun ini.(Win)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!