Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Kementerian Kesehatan bersama Sekretariat ASEAN Kembali canangkan ASEAN Car Free Day (CFD) pada Minggu, 27 Agustus 2023 mendatang di Bundaran HI. ASEAN CFD bertujuan untuk menggerakkan masyarakat serta mempromosikan agar masyarakat hidup sehat melalui kegiatan aktivitas fisik.

Plt. Direktur Kesehatan Usia produktif dan Lanjut Usia dr. Nida Rahmawati mengungkapkan belakangan terjadi pola pergeseran gaya hidup dengan kemajuan teknologi yang mengakibatkan kurangnya aktivitas fisik dan Malas gerak (Mager).

”Lifestyle kita sedikit bergeser yang tadinya banyak aktivitas sekarang dengan kemajuan teknologi kita jadi malah sibuk dengan kegiatan yang mager Lifestyle jadi males gerak,” ungkap dr. Nida.

Dr. Nida menambahkan dengan dukungan pemerintah menyediakan ruang terbuka menjadikan ASEAN CFD menjadi momentum yang tepat untuk mengajak masyarakat melakukan aktivitas fisik bukan hanya gerak jalan tetapi segala aktivitas yang bisa dilakukan di tempat umum untuk melawan rasa mager agar tetap sehat bugar.

”ASEAN car free day itu bukan hanya gerak jalan tetapi segala aktivitas yang bisa dilakukan di tempat umum salah satunya kita menyediakan jalan raya yang kita bebaskan dari kendaraan yang bisa digunakan oleh masyarakat terserah itu mau ngapain aja mau main skateboard boleh mau sepedaan boleh gerak jalan boleh senang-senang boleh apapun bisa dilaksanakan di ruang terbuka yang kita sediakan yang merupakan jalan memang ini salah satu bentuk dukungan dari pemerintah kepada masyarakat untuk menyediakan ruang terbuka untuk melakukan aktivitas dan memang kita harus melawan ya mager agar kita tetap sehat tetap bugar,” tambah dr. Nida.

ASEAN CFD juga menjadi salah satu kegiatan dalam rangka mengurangi polusi udara dimana telah dicantumkan pada flayer peserta diwajibkan datang menggunakan kendaraan umum.

Plt. Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Widyawati juga menyampaikan terkait rangkaian workshop Penggerakkan dan Kampanye Digital tentang pengendalian tembakau yang berlangsung selama 3 hari dimulai dari tanggal 25-27 Agustus di Gran Melia Jakarta akan dilanjutkan dengan launching ASEAN Youth Digital Campaign on Tobacco Control di ASEAN CFD pada tanggal 27 Agustus 2023.

”Saat ini kita mengadakan workshop Penggerakkan dan Kampanye Digital tentang pengendalian tembakau tanggal 25-27 Agustus dan setelah workshop akan dilanjutkan dengan launching ASEAN Youth Digital Campaign on Tobacco Control di ASEAN CFD pada tanggal 27 Agustus 2023 jadi kami ikut pada kegiatan bu Nida Nanti,” kata Widya.(Win/Red)

By admin

2 thoughts on “Ajak Masyarakat Anti Mager Melalui ASEAN CFD”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!