Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Jumat (15/09/2023). Pameran Dagang dan Konferensi Internasional Kedokteran gigi terbesar di Indonesia, Indonesia Dental Exhibition & Conference (|DEC) resmi dibuka hari Jumat (15/09/2023) oleh Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan, Dr. Dra. Lucia Rizka Andalucia di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

Acara turut dihadiri oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan
dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Drs. Vinsensius Jemadu, MBA, serta Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) drg. Usman Sumantri, MSc, dan Managing Director and Vice Precident Asia-Pasific, Mathias Kuepper.

Gelaran event berkonsep Business to Business (B2B) yang ketiga kalinya diselenggarakan oleh Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) berkolaborasi dengan Koelnmesse Pte.Ltd dan PT.Traya Eksibisi Internasional ini akan berlangsung selama 3 hari (15-17 September 2023).

Animo yang tinggi membuat jumlah peserta yang berpartisipasi pun mengalami peningkatan, dari sebelumnya 232 brands pada IDEC 2019 menjadi 250 brands dari 14 negara pada IDEC 2023.

Menempati area seluas 6.000 m², IDEC kali ini tidak sekedar menampilkan berbagai teknologi terkini terkait kedokteran gigi, tetapi sekaligus transfer ilmu dan pengetahuan yang disertai praktek langsung dalam 26 seminar ilmiah yang simultan diberikan oleh 29 narasumber ahli dari berbagai negara. Tema-tema yang diangkat pun menjawab kebutuhan kesehatan mulut
dan gigi yang tengahbberkembang saat ini, diantaranya tentang Management of Deep Margin Defects, Dental Treatment Management for Geriatric Patients, Psychosomatic Dentistry in Japan, The Art of Anterior Aesthetic Restoration, Integration of Laser in Clinical Practice, The Current Paradigm of Periodontal Pathogenesis; An Update dan sebagainya.

Mengusung tema “The Transformation of Dental Health Resiliency”, IDEC juga menjadi momentum strategis untuk mewujudkan kemandirian farmasi dan alat kesehatan di
Indonesia, khususnya kesehatan mulut dan gigi. Perkembangan industri kedokteran gigi di Indonesia terus bertumbuh. Namun sayangnya, hal itu belum diimbangi dengan ketersediaan alat kesehatan produksi lokal yang memadai.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI pada 2023, industri farmasi dan alat kesehatan di tanah air sampai saat ini masih mengalami ketergantungan pada negara lain, mulai dari bahan baku hingga teknologi. Sebanyak 70 persen suplai alat kesehatan di Indonesia bahkan masih dipenuhi oleh produk impor.

Ketua Umum PB PDGI, drg. Usman Sumantri, M.Sc. menyoroti masalah ini sebagai suatu tantangan yang harus disinergikan dengan kekuatan kolaborasi dengan berbagai pihak. Tak dapat dipungkiri, salah satu kendala pada penvelesaian masalah kesehatan gigi muncul karena peralatan penunjang kedokteran gigi sangat terbatas. Dengan hadirnya berbagai perusahaan berpengalaman dari luar negeri, IDEC menjadi solusi bagi para pelaku kesehatan gigİ untuk mengupdate teknologi kedokteran gigi di Indonesia.

“Melalui IDEC 2023, kami berharap para pelaku industri kesehatan gigi lokal dapat
menampilkan karya produk terbaik sekaligus beradaptasi dengan kemajuan teknologi dari
negara lain untuk terus menciptakan formulasi produk teknologi yang solutif bagi
permasalahan gigi dan mulut di tanah air,” papar Ketua Umum PB PDGI, drg. Usman Sumantri, M.Sc.

Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan, Dr. Dra. Lucia Rizka Andalucia, Apt, M.Pharm, MARS dalam sambutannya pada seremoni pembukaan IDEC, sangat mengapresiasi penyelenggaraan IDEC yang sudah berlangsung untuk ketiga kalinya ini bisa konsisten dan komit menampilkan suguhan terbaik untuk mendorong kemajuan industri kedokteran gigi di tanah air. IDEC telah menjelma menjadi trendsetter perkembangan industri kedokteran gigi sekaligus dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Menurutnya, penyelenggaraan IDEC 2023 sangat sejalan dengan agenda besar Kementerian Kesehatan RI terkait kemandirian farmasi dan alat kesehatan yang merupakan kebijakan bagian dari pilar ketiga transformasi sistem ketahanan kesehatan. Program ini diperkuat dengan kebijakan Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam Peraturan Presiden No. 12 tahun 2021 tentang Pengadaan Barang/Jasa.

“Kemandirian farmasi dan alat kesehatan bukan hanya soal bagaimana cara mengatasi
masalah kesehatan gigi, tapi juga bagaimana cara menggerakan roda ekonomi sekaligus memberdayakan para pelaku industri dalam negeri. Hadirnya IDEC 2023 bisa menjadi salah satu solusinya,” pungkas Lucia.

Sebagai pameran berskala internasional, IDEC 2023 tentunya membuka peluang besar bagi peningkatan jumlah wisatawan asing yang berkunjung. Tercatat ada 73 peserta pameran dari luar negeri dan 170 pengunjung dari 32 negara yang berpartisipasi. “Ini kesempatan bagi Indonesia untuk menampilkan produk-produk terbaiknya bukan hanya terkait kedokteran gigi, tetapi juga banyak hal yang bisa menjadi multiflyer effect dari penyelenggaraan IDEC,” ungkap
Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Drs. Vinsensius Jemadu, MBA.

Sebut saja di antaranya sikap
keramahtamahan masyarakat Indonesia (hospitality), kuliner, seni dan budaya, souvenir dan sebagainya. Penyelenggaran IDEC merupakan suatu bentuk kontribusi dari industri event di tanah air yang memberikan nilai tersendiri untuk menggerakkan roda perekonomian nasional.

Nilai pasar MICE (meeting, incentive, convention, exhibition) di tanah air, menurut data yang dikeluarkan dari Statista.com, sangat prospektif mencapai hingga US$1,8 miliar atau Rp27 triliun pada 2030. Lebih lanjut, riset yang dilakukan oleh Allied Market Research ini menyebut bahwa uang turis MICE mengalir sebagian besar untuk akomodasi (65 persen), kebutuhan makan minum selama di destinasi (15 persen), belanja oleh-oleh (10 persen) dan biaya transportasi lokal (10 persen).

Mathias Kuepper mengungkapkan optimismenya atas kesuksesan lDEC 2023 yang mendapatkan sambutan sangat baik dari peserta luar negeri. “IDEC 2023 mengalami peningkatan sebesar 20% dari penyelenggeraan tahun 2019. Tercatat ada 65 peserta pameran yang baru di IDEC 2023. Sebagai tuan rumah kami tentunya sangat terapresiasi. Ditambah lagi dengan hadirnya 3 paviliun nasional dari China, Jerman dan Korea Selatan. Ini menandakan IDEC telah dinilai sebagai pameran bisnis kedokteran gigi yang memberikan pengaruh signifikan terhadap inovasi dan tren yang berkembang,” tambahnya.

Ketua Kolegium Dokter Gigi Indonesia sekaligus Ketua Penyelenggara IDEC 2023, drg. Diono Susilo, MPH menandaskan, PDGI berupaya menjembatani berbagai pihak untuk salingberkolaborasi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan memajukan industri kedokteran gigi Indonesia.

“Melalui IDEC, menjadi salah satu bentuk ikhtiar kami untuk meningkatkan keilmuan dan teknologi, memperluas jejaring, dan membangun kebersamaan. Tahun 2025, tantangan yang dihadapi Indonesia semakin besar, yang mana dokter gigi asing boleh masuk di Indonesia. Ini adalah catatan penting untuk meningkatkan performance kitasebagai bangsa yang siap bersaing,” tutur drg. Diono Susilo.

Sebagai pameran kedokteran gigi terlengkap di Indonesia, Presiden Direktur Traya Eksibisi
Internasional, Andy Wismarsyah, mengatakan, selama IDEC 2023 akan diadakan business matching yang memungkinkan para pelaku kesehatan gigi untuk melakukan transaksi bisnis
perlengkapan kesehatan gigi sesuai kebutuhan. Selain berbagai penawaran harga produk terbaik, pengunjung yang beruntung bahkan berkesempatan mendapatkan doorprize berupa dental chair senilai Rp50 juta dari Pacific Dental dan sikat gigi listrik senilai Rp 4 juta yang dari Fondaco. Dengan suguhan rangkaian acara menarik dan pilihan produk teknologi yang beragam, Andy Wismarsyah optimis, gelaran ini bisa mendatangkan pengunjung setidaknya 5000 orang.

Pameran bisnis ini tidak mengenakan tarif tiket masuk bagi pengunjung yang sudah
melakukan registrasi online, member PDGI dan mahasiswa. Tiket sebesar Rp. 50.000,- hanya dikenakan pada pengunjung yang registrasi pada saat event berlangsung (on site).

Selengkapnya tentang IDEC 2023, bisa dilihat di https://indonesiadentalexpo.com dan https://www.instagram.com/idec.indonesia/.(Win/Red)

By admin

6 thoughts on “Pembukaan IDEC 2023 Jadi Ajang Mendorong Kemandirian Farmasi dan Alat Kedokteran Gigi dan Eksistansi Produk Strategis Dalam Negeri”
  1. What i do not realize is in truth how you are now not really much more neatly-preferred than you might be right now. You’re very intelligent. You recognize therefore considerably with regards to this matter, made me personally imagine it from a lot of varied angles. Its like men and women aren’t interested until it’s something to accomplish with Lady gaga! Your personal stuffs great. At all times maintain it up!

  2. Please let me know if you’re looking for a article author for your
    blog. You have some really good articles and I think I would
    be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d really like to write
    some articles for your blog in exchange for a link back to mine.

    Please send me an email if interested. Many thanks!

    Feel free to surf to my web-site – vpn special code

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!