Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya -Manajemen Nawacita Indonesia (MNI) sukses menyelenggarakan ajang bergengsi Nusantara Award 2024 pada Kamis, 9 Mei 2024 di Hotel Raffles, Jakarta. Nusantara Award merupakan wadah apresiasi bagi institusi maupun individu yang telah berperan aktif dalam memperkuat dan melestarikan budaya Nusantara. Acara ini dihadiri oleh 350 undangan terpilih yang terdiri dari berbagan kalangan terasah tokoh budaya, seniman, dan pemangku kepentingan lainnya.

Kegiatan ini juga didukung dan dihadiri secara langsung Ketua Dewan Pembina MNI sekaligus Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna H Laoly. Kehadiran Yasonna dalam ajang Nusantara Awards untuk menyerahkan secara langsung plakat kepada para penerima penghargaan.

Komisaris Utama MNI, Faigiziduhu Ndruru, Nusantara Awards 2024 diselenggarakan ditengah kekhawatiran akan lunturnya kebanggaan dan kecintaan terhadap budaya Nusantara. Beberapa budaya Indonesia, seperti kesenian wayang kulit dan tradisi ngaguyah hujan dari Jawa Bara, bahkan terancam punah.

Faigiziduhu Ndruru menekankan pentingnya peran setiap individu dan lembaga, dan pemerintah maupun swasta, dalam memperkuat budaya Nusantara.

“Dengan pemberian penghargaan Nusantara Awards, kami berharap dapat memotivasi lebih banyak lagi orang untuk terlibat langsung dalam upaya pelestarian dan penguatan budaya Nusantara,” ujar Faigiziduhu Ndruru, di Jakarta, Kamis (9/5/2024).

Dalam acara tersebut, MNI memberikan apresiasi kepada lembaga dan individu yang telak berperan aktif dalam melestarikan budaya Nusantara. Direktur Utama MNI, Otoli Zebua menegaskan bahwa penghargaan ini tidak hanya sebagai bentuk apresiasi, tetap juga sebagai upaya untuk memperkuat kerja sama di antara pihak-pihak yang memiliki visi serupa terkait pelestarian budaya.

Otoli berharap para penerima anugerah Nusantara Awards 2024 dapat terus menginspirasi dalam memperkuat dan melestarikan budaya Nusantara. Menurutnya, budaya Nusamara bukan hanya sekedar dibanggakan, tapi harus bisa dicintai oleh semua rakyat Indonesia.

“Semoga para penerima Nusantara Awards 2024 dapat menginspirasi yang lainnya untuk berperan aktif dalam penguatan dan pelestarian budaya Nusantara,” kata Otoli Zebua.

Otolia mengemukakan untuk tahun 2024 ini Media Nawacita Indonesia memiliki dua event yakni Nawacita Award dan Nusantara Award.

“Yang pertama itu sudah kita adakan pada tahun 2022 di hotel Luwansa Jakarta, yang kedua di Gedung Tribatra dan ketiga di bulan September 2024 yang akan datang. Secara kategori penghargaan Nawacita Award itu hanya 9 kategori, sementara Nusantara Award ada 18 kategori penghargaan yaitu 9 kategori penghargaan untuk individu dan 9 untuk Institusi atau lembaga,” jelas Otoli.

Untuk memastikan kualitas dan profesionalisme dalam pemilihan penerima penghargaan, MNI menunjuk 5 dewan juri yang kompeten. Mereka adalah Anthony Putihrai (PT Alpha Putihrai Capital dan Tamara Group) selaku Ketua Dewan Juri Nusantara Awards, Wakil Rektor London School of Public Relations (LSPR) Jakarta, Taufan Teguh Akbari PhD, Guru Besar Universitas Indonesia, Prof Riris K Toha Sarumpaet, Sarman Simanjorang dari Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), serta Owner & Designer CEO at Nasya Collyer Fashion, Nasya Collyer.

Ketua Pelaksana Nusantara Awards 2024, Fizly Ciputri, menyampaikan rasa syukurnya karena acara ini dapat berjalan sukses. Sebanyak 19 penerima Nusantara Awards 2024 telah dipilih oleh Dewan Juri. Mereka terdiri dari 9 lembaga, 9 individu, dan 1 favorit, yang dipilih karena karya nyata mereka dalam penguatan dan pelestarian budaya.

Melalui Nusantara Awards, MNI berharap dapat menciptakan kesadaran budaya yang dapat diterima oleh anak muda. Dengan demikian, kebudayaan Nusantara dapat terus dilestarikan dan dihargai oleh generasi muda ke depannya.

“Kami berharap, ke depannya pemenang Nusantara Award ini dari kalangan anak-anak muda yang memiliki semangat untuk melestarikan budaya Nusantara,” ungkap Fizly.

Menurut Fizly, berharap anak muda Indonesia juga ikut aktif berperan untuk menjaga dan melestarikan budaya Nusantara.

“Juga semua hadirin undangan yang berkenan untuk hadir di acara nusantaranya pastinya kita mau selain anak bangsa saya sebagai anak muda ingin anak muda juga punya awareness dalam melestarikan budaya Nusantara jangan sampai kita tergerus dengan teknologi dan budaya luar tapi tidak menutup kemungkinan juga kita tetap enjoy dengan budaya nusantara tapi tetap melek sama internasional,” jelasnya.

“Kesadaran dalam melestarikan budaya, saya sebagai anak muda ini tentunya karena ada dukungan juga dari manajemen, dan orang tua yang memberikan ajaran untuk selalu peduli dalam melestarikan budaya karena kalau bukan kita siapa lagi ?,” kata Fizly menambahkan.

Nusantara Awards 2024 menjadi momentum penting dalam mengangkat dan mengapresiasi upaya-upaya nyata dalam pelestarian budaya Nusantara. Dengan adanya acara ini, diharapkan semakin banyak individu dan lembaga yang terinspirasi untuk ikut berperan aktif dalam melestarikan kekayaan budaya Indonesia.

Daftar Penerima Nusantara Awards 2024

A. Kategori Individu

1. Pelestari dan Pemberdaya Budaya: Tasya Widya Krisnadi
2. Pengembang Insfrastruktur dan Talenta Budaya Olahraga: Tony Wenas
3. Penggerak Budaya Tradisional: Nanda Widya
4. Penggerak Keberlanjutan Budaya dan Masyarakat: Nixon Napitupulu
5. Inovasi Wisata Budaya Lokal: Ricky Surya Prakasa
6. Pelestari Seni dan Budaya: Rina Ciputra Sastrawinata
7. Penggerak UMKM dan Ekonomi Kreatif: Anna Mariana
8. Pelestari Kuliner Nusantara: Ria Musiawan
9. Pegiat Seniman dan Budayawan: Addie Muljadi Sumaatmadja

B. Kategori Lembaga/Institusi

1. Pendidikan dan Promosi Budaya: Binus University
2. Inovasi Kultural dan Budaya: Garuda Indonesia
3. Bahasa dan Literasi: Angkasa Pura II
4. Keberlanjutan Lingkungan: Bank Mandiri
5. Pengembangan Pariwisata Budaya: Alam Sutera
6. Penggerak Kuliner Nusantara: Made’s arung
7. Pelestari Warisan Budaya Nusantara: Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
8. Pelaku Kegiatan Sosial dan Budaya: PT Metropolitan Land Tbk
9. Seni & Pertunjukan Budaya Nusantara: Bank BCA

C. Kategori Favorit

1. Pemuda Peduli Budaya Nusantara: Pandawara Group.(Win/Red)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!