Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya -Kegiatan donor darah di tengah situasi Pandemi Covid-19 sekarang ini merupakan bentuk nyata gotong royong dalam hal kemanusiaan yang kental di tengah masyarakat Indonesia. Hal demikian dilakukan oleh para Pengurus Anak Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PAC PDIP) Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (14/2/2021). Bekerjasama dengan PMI DKI Jakarta, kegiatan donor darah ini untuk membantu tingginya kebutuhan darah di tengah pandemi Covid-19.

Ketua Pelaksana Kegiatan sekaligus Ketua PAC PDIP Duren Sawit, Jakarta Timur Boy Suminta mengatakan, 125 orang pendonor dari unsur masyarakat termasuk perwakilan pengurus PDI Perjuangan di Jakarta Timur turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Menurutnya, donor darah ini akan menjadi kegiatan rutin setiap tiga bulan sekali. Sehingga, kebutuhan kantong darah yang sangat tinggi di tengah pandemi ini, bisa tercukupi dengan kegiatan seperti ini.

“Tingginya kebutuhan kantong darah dari masyarakat, menjadi gambaran utuh bagaimana kami terus bergerak dalam kontribusi Kantong darah untuk kemanusiaan. Kegiatan ini akan menjadi rutinitas setiap tiga bulan sebagai bentuk Komitmen kepedulian DPC dan PAC PDI Perjuangan Jakarta Timur terhadap Kemanusiaan,” katanya dalam siaran tertulisnya, Minggu (29/11).

Sementara itu Ketua DPC PDIP Jakarta Timur Dwi Rio Sambodo menjelaskan, pelaksanaan donor darah tentunya menerapkan Protokol Kesehatan di masa pandemi Covid-19. Di mana, setiap calon peserta donor darah, diwajibkan memakai masker dan mencuci tangan sebelum memasuki ruang pendaftaran.

Selain itu, seluruh peserta juga diarahkan untuk mengikuti proses rapid test dengan pemeriksaan yang dilakukan mengambil sampel darah dari ujung jari. Setelah itu, sampel darah akan diteteskan ke alat rapid test untuk mengetahui apakah darah mengandung antibodi yang menandakan orang tersebut sedang atau pernah mengalami infeksi suatu virus atau tidak.

“Selain untuk kemanusiaan, donor darah mendatangkan manfaat bagi pendonornya juga. Dengan mendonorkan darahnya setiap 3 bulan sekali dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung, terutama pada laki – laki sebesar 30% seperti serangan jantung koroner dan stroke karena memungkinkan terjadinya pergantian sel darah baru, dan badan merasa sehat,” pungkasnya Politisi yang juga anggota DPRD DKI Jakarta ini.(Win) 

By admin

One thought on “Gandeng PMI, PDIP Duren Sawit Jakarta Timur Gelar Kegiatan Donor Darah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!