Foto: Istimewa

Jakarta, Media Indonesia Raya – Dokter spesialis Obgyn dr. Johny J Bahirwani, Sp.OG, BMedSc dari Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda, menggelar Health Talk (seminar kesehatan) bertajuk “Do I Have A Healthy Pregnancy”, hari ini. Health Talk Edukasi Kesehatan ini mengulas tentang pentingnya ibu hamil memeriksa kesehatan dalam rangka menurunkan kematian bayi dan ibu dalam mendukung pembangunan sumber daya manusia.

Menurutnya, Indonesia salah satu negara yang membutuhkan peningkatan dalam menjaga tingkat kesehatan kematian bayi dan ibu.

“Indonesia termasuk salah satu negara yang terburuk tingkat kematian ibu dan bayi di Asia Tenggara,” kata dr. Johny saat memberikan keterangannya kepada awak media dalam pameran Forever Mom and Baby Expo di Serpong, Banten, Kamis (6/7/23).

Namun demikian, menurut dr. Johny sangat penting meningkatkan kesehatan ibu dalam usia kehamilan menjadi sesuatu yang substansial.

“Pastikan hamilnya ibu dalam kandungan, janinnya ada dalam kandungan, ketiga kita mendengar denyut janin,” ujar dokter lulusan Bachelor of Medical Science di University of Melbourne tahun 2004 dan alumni FK UI 2007 ini.

Selanjutnya, pihak dokter akan memonitor secara berkala dan memberikan obat penguat janin dan vitamin dalam mencegah keguguran.

“Biasanya resiko keguguran itu jika kehamilan di bawah 12 minggu, diatas 12 minggu, resiko keguguran perlahan menurun,” tuturnya.

“Apalagi usia ibu hamil diatas 40 tahun tingkat resiko kematian akan semakin tinggi,” ucapnya.

Pihaknya menganjurkan kepada ibu-ibu kehamilan di bawah usia 30 tahun akan mengurangi dari resiko kematian dan dampak lainnya.

“Dibandingkan kehamilan diatas usia 40 tahun keatas, resiko kematian bayi dan ibunya lebih tinggi,” jelas dr. Johny.

dr. Johny yang saat ini aktif sebagai anggota di Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), mengajak seluruh ibu-ibu produktif agar terus melakukan pemeriksaan kehamilannya ke spesialis kandungan agar mencegah kematian bayi dan ibu.

“Ayo, ibu-ibu jangan lupa kontrol yang teratur pada saat kehamilan sehingga kesehatan pada saat hamil dan saat persalinan menjadi optimal,” kata dokter yang berpraktek di Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta dan Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Menteng ini.

Selanjutnya, dr. Johny yang juga telah menyelesaikan fellowship in advanced reproductive technology di India pada February 2023 lalu, dengan pengalaman puluhan tahun aktif melakukan tindakan operasi minimally invasive laparoscopic gynecologic surgery (Laparoskopi Kistektomi, Laparoskopi Miomektomi) untuk semua masalah kandungan ini juga mengingatkan saat masa kehamilan ibu agar tidak boleh merokok dan minum yang mengandung alkohol.

Acara talkshow yang dikemas dengan santai dan menarik itu, diikuti puluhan ibu-ibu yang hadir dan sangat antusias dengan mengajukan pertanyaan dan menceritakan pengalaman pribadinya saat masa kehamilan.(Win/Red)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!